Hartanto, Andry (2007) Analisis Strategi Pemasaran untuk Menambah Jumlah Konsumen Umum Kolam Renang Koni Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2828_Abstrak.pdf Download (37kB) | Preview |
Abstract
Sekarang ini terjadi persaingan di segala bidang usaha terutama di bidang jasa rekreasi. Kolam renang yang baru muncul tersebut menawarkan beragam fasilitas hiburan dan pelayanan yang sangat menarik, sedangkan kolam renang lama seperti kolam renang KONI hanya menyediakan fasilitas kolam renang standar yang tidak dilengkapi dengan fasilitas hiburan dan pelayanan yang menarik. Oleh karena itu, untuk dapat bersaing dengan ketatnya persaingan tersebut kolam renang KONI perlu meningkatkan standar pelayanannya untuk meningkatkan kepuasan konsumennya dan merancang strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan jumlah konsumen umum yang berenang di kolam renang KONI. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data primer pada pengunjung umum kolam renang KONI, pelanggan potensial yang merupakan pengunjung kolam renang lain yang memiliki jenis kolam renang yang sama dengan KONI, dan wawancara dengan pihak manajemen yang berkaitan dengan harapan, persepsi konsumen, dan latar belakang konsumen, janji dan standar pelayanan. Untuk data sekunder diperoleh melalui wawancara langsung dengan pengelola kolam renang KONI tentang sejarah perusahaan dan perkembangan tingkat kedatangan pengunjung. Penyebaran kuesioner dilakukan secara purposive sampling. Metode analisis yang dipakai analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik konsumen secara umum, crosstabs untuk mengetahui ketergantungan antar variabel demografi pengunjung umum KONI dengan pengunjung potensial, analisis 7 gap untuk menganalisis kualitas layanan, analisis kuadran untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan KONI, dan strategi pemasaran usulan yang dipadukan dengan bauran pemasaran 8P. Dari hasil analisis gap 7 dan analisis kuadran, variabel-variabel yang menjadi prioritas perbaikan yaitu variabel keberadaan taman, kecukupan kamar mandi dan WC, serta kelengkapan fasilitas mandi. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya gap 7 hanya gap 1, sedangkan tidak terjadi penyimpangan pada gap 2, 3, 4, 5, dan 6 dikarenakan pihak pengelola kolam renang KONI tidak pernah membuat standar aturan yang tertulis dan tidak pernah memberikan janji resmi untuk pengadaan taman, penggantian shower dan fasilitas mandi. Dari keseluruhan analisis yang dilakukan, strategi pemasaran usulan berdasarkan untuk kolam renang KONI adalah segmentation untuk kalangan menengah, target pasar kalangan menengah ke bawah baik pria maupun wanita yang berlatar belakang sebagai wiraswasta, ibu rumah tangga, mahasiswa, dengan differentiation kolam panjang 50 meter dan air jernih, dan positioning kolam renang yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dan belajar berenang. Untuk Bauran 8P antara lain, dimensi product yaitu menjaga kualitas kejernihan air dan memelihara taman dengan tanaman yang rindang, dimensi place yaitu menjaga keaamanan barang-barang bawaan dan parkir, dimensi process yaitu memberi batas waktu berlaku untuk tiket masuk, dimensi price yaitu menetapkan harga yang lebih murah dari pesaing, dimensi promotion yaitu merancang brosur, simbol untuk menarik dan menanamkan brand awareness di mata pengunjung, dimensi people yaitu melakukan penelitian tingkat kepuasan dan kepentingan, dimensi physical evidence yaitu menambah jumlah kamar mandi, menambah locker, dan mengganti shower dengan yang yang lebih modern, dan dimensi productivity and quality yaitu mengklarifikasi tugas karyawan dengan inspeksi mendadak setiap minggunya dan meningkatkan interaksi langsung dengan pelanggan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 12 Aug 2019 08:06 |
Last Modified: | 12 Aug 2019 08:06 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35701 |
Actions (login required)
View Item |