Hubungan Antara Sikap, Niat Beli dan Perilaku Beli Terhadap Bintang Zero

Muninggar, Puspita Yuniastri (2007) Hubungan Antara Sikap, Niat Beli dan Perilaku Beli Terhadap Bintang Zero. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_832_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_832_Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148493

Abstract

Bintang Zero merupakan minuman jenis bir yang dinyatakan bebas alkohol dan telah menimbulkan kontroversi di masyarakat. Hal ini tentu memiliki dampak terhadap pemasaran Bintang Zero. Perilaku konsumen dapat diukur melalui kerangka sikap dan niat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan fenomena sikap dan untuk mengetahui apakah sikap berhubungan langsung dengan perilaku beli terhadap Bintang Zero ataukah sikap berhubungan melalui niat beli dan perilaku beli terhadap Bintang Zero. Penulis mencoba menyajikan suatu bentuk penelitian mengenai hubungan antara sikap, niat beli dan perilaku beli terhadap Bintang Zero. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kausal dengan hipotesis. Teknik penentuan sampel secara non probabilitas dengan menggunakan accidental sampling. Subjek adalah pengunjung Kafe Delta 5 Surabaya maupun Sidoarjo yang memiliki usia antara 20 sampai 30 tahun sesuai target pasar MBI. Subjek berjumlah 60 orang. Data penelitian ini diuji dengan menggunakan Analisis jalur. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan sikap dan niat beli terhadap Bintang Zero dengan nilai koefisien standardized beta 0,637 (p<0,05), niat beli dengan perilaku beli terhadap Bintang Zero dengan nilai koefisien standardized beta 0,685 (p<O,OS), sikap dan perilaku beli terhadap Bintang Zero dengan nilai koefisien standardized beta 0,648 (p<0,05). Berdasarkan basil pengujian multivariat diketahui bahwa struktur model dari hubungan antara sikap, niat beli dan perilaku beli terhadap Bintang Zero adalahfit (RMSEA=O,OOO). Selain itu didapat juga basil bahwa aspek perceived behavioral control dan outcomes evaluation dari sikap merupakan aspek yang paling berpengaruh terhadap niat beli Bintang Zero. Sedangkan behavioral belief, perceived behavioral control, dan evaluation outcomes merupakan aspek dari sikap yang paling berpengaruh terhadap perilaku beli Bintang Zero. Saran bagi perusahaan basil uji fit yang signiftkan dengan menggunakan model Fishbein & Ajzen dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengukur sikap dan niat beli untuk memprediksi perilaku beli. Bagi konsumen agar lebih berhati-hati dalam memilih suatu produk terutama jenis makanan dan minuman yang dapat menimbulkan kontroversi dari sudut pandang agama sebelum melakukan pembelian.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Sikap, Niat beli, Perilaku beli, Bintang Zero.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:18
Last Modified: 13 Aug 2019 07:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35732

Actions (login required)

View Item View Item