Puspitasari, Radyana (2007) Analisis Segmentasi Pasar Terhadap Pengguna Dua Buah GSM Handphone Berdasarkan Gaya Hidup. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
IN_840_Abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Perubahan jaman diikuti dengan meningkatnya kebutuhan akan perubahan mendorong setiap anggota masyarakat untuk merubah pola dan gaya hidupnya sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan akan perubahan tersebut. Perubahan yang tampak dalam kehidupan sehari-hari adalah pemanfaatan atau penggunaan sarana teknologi audio-visual khususnya handphone. Gaya hidup digital (digital lifestyle) adalah istilah yang seringkali digunakan untuk menggambarkan gaya hidup modern yang sarat dengan teknologi informasi. Dari deskrispi tersebut ingin diketahui segmentasi pasar ditinjau dari gaya hidup pengguna dua handphone, sehingga dapat dilihat karakteristik masing-masing subjek yang tersebar ke dalam delapan tipe gaya hidup menurut VALS-2. Melalui pendekatan VALS-2, penelitian ini menggunakan teknik Non-probability yang dilakukan dengan cara insidental sampling terhadap 112 pengguna GSM handphone di Surabaya. Melalui analisis cluster dengan mengetahui tingkat primary motivation dan resources pada masing-masing subjek, maka hasil penelitian ini menunjukkan kelompok Innovators sebesar 3.53%, kelompok thinkers sebesar 13.39%, kelompok believers sebesar 7.14%, kelompok achievers sebesar 19.64%, kelompok experiencers sebesar 8.93%, kelompok strievers sebesar 14.29%, kelompok makers sebesar 25.89%, serta kelompok survivors sebesar 7.14%. Adanya perbedaan pada masing-masing kelompok gaya hidup tersebut dipengaruhi oleh primary motivation dan resources pada setiap subjek. Perbedaan motivasi primer dipengaruhi oleh tiga aspek yang terdiri dari aspek ideal, achievement, dan self expression, serta perbedaan sumber daya keuangan dan juga alasan-alasan yang merupakan opini subjek. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya agar menggunakan wawancara mendalam (depth interview) sehingga dapat mengungkap alasan yang merupakan faktor-faktor yang dapat dijadikan variabel penelitian lain berkaitan dengan gaya hidup dan segmentasi pasar.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya hidup VALS-2, Segmentasi pasar, GSM handphone |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 14 Aug 2019 06:52 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 06:52 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35769 |
Actions (login required)
View Item |