Study Deskriptif Pengelolaan Kelas Asisten Mahasiswa

Sukmawati, Yustina Meilian (2006) Study Deskriptif Pengelolaan Kelas Asisten Mahasiswa. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_273_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_273_Abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151886

Abstract

Lingkungan belajar yang produktif akan semakin mendorong siswa untuk belajar dengan optimal. Pengelolaan kelas lebih menekankan pada lingkungan pembelajaran yang produktif tersebut, yaitu lingkungan kelas yang difokuskan pada proses belajar secam teratur dan lancar. Asisten mahasiswa sebagai pemegang kelas asistensi juga dituntut untuk: mampu mengelola kelas asistensinya Namun, dari basil survei pada asisten dan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya terlihat bahwa banyak asisten mahasiswa tidak mampu mengelola kelasnya dengan baik. Ketidakmampuan itu terjadi saat pembuatan aturan dan prosedur, penegakan aturan dan prosedur, dan komunikasi kelas yang ditandai dengan kesulitan bersikap tegas saat menegakkan aturan,kurangnya komunikasi saat pembuatan dan penegakan aturan, serta kurangnya jalinan komunikasi selama kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: menggambarkan cara pengelolaan kelas asisten mahasiswa meliputi pembuatan aturan dan prosedur, penegakan aturan dan prosedur, dan komunikasi kelas, serta untuk: mengetahui fak.tor-fak.tor yang mempengaruhi cara pengelolaan kelas asisten mahasiswa. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 6 orang, terdiri dari 2 asisten mahasiswa di tiap-tiap gugus matakuliah yaitu gugus Metodologi, Psikodiagnostik, dan MK.K. (Mata Kuliah Keahlian). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu menggambarkan fokus penelitian dalam bentuk: narasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan koding, yaitu open coding, axial coding, dan selective coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa hanya dilibatkan dalam penentuan jadwal kelas asistensi dan penegakan aturan dan prosedur diwamai dengan ketidakkonsistenan disebabkan oleh variasi kemampuan asisten mahasiswa dalam bersikap tegas kepada mahasiswa. Berkaitan dengan komunikasi kelas, informan menunjukkan sikap respek dengan cara mengbargai apa yang dimiliki mahasiswa, menegur untuk: menjaga ketertiban kelas,mampu bersikap tanggap ketika merespon tindakan mahasiswa, dan melakukan pendekatan personal untuk memberikan perhatian, rasa aman dan nyaman pada mahasiswa. Ada 2 faktor yang mempengaruhi cara pengelolaan kelas asisten mahasiswa, yaitu faktor ekstemal dan faktor internal. Faktor ekstemal terdiri dari materi ajaran matakuliah, angkatan peserta asistensi, peran dosen, dan aktivitas belajar di kelas asistensi. Sedangkan faktor internal yang mempengaruhi cara pengelolaan kelas adalah motivasi menjadi asisten mahasiswa dan sifat yang ada pada diri asisten sendiri. Temuan lain penelitian ini adalah adanya perbedaan bentuk: aturan dan prosedur karena adanya perbedaan materi ajaran matakuliah dan aktivitas belajar di kelas asistensi di tiap gugus. Materi ajaran matakuliah juga berpengaruh pada aktivitas belajar di kelas asistensi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Asisten Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 15 Aug 2019 03:31
Last Modified: 15 Aug 2019 03:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35795

Actions (login required)

View Item View Item