Hubungan Sikap Siswa Terhadap Tugas Kelompok dengan Perilaku Kerjasama yang Efektif dalam Mengerjakan Tugas Kelompok

Badjuber, Amirah Anis (2007) Hubungan Sikap Siswa Terhadap Tugas Kelompok dengan Perilaku Kerjasama yang Efektif dalam Mengerjakan Tugas Kelompok. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_275_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_275_Abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151944

Abstract

Tugas merupakan salah satu aktivitas belajar yang diberikan guru kepada siswa untuk menilai pemahaman siswa akan materi pelajaran yang telah diberikan. Salah satu jenis tugas yang diberikan guru adalah tugas kelompok. Dalam tugas kelompok siswa dituntut untuk dapat bekerjasama dengan siswa yang lain sebagai anggota kelompok. Perilaku kerjasama merupakan tindakan yang dilakukan siswa dalam situasi kelompok yang mengharuskan siswa untuk dapat bekerja bersama-sama, berpartisipasi dan memberikan sumbangan dalam mengerjakan tugas kelompok untuk mencapai hasil dan tujuan bersama. Pada hasil survey awal, tampak permasalahan yang terkait dengan Positive lnterdependen yaitu saling ketergantungan antar anggota kelompok, tampak bahwa siswa masih lebih mementingkan kepentingan individu, dibandingkan kepentingan kelompok, sehingga ketergantungan satu sama lain dalam kelompok tidak terpenuhi. Dan juga Individual Accountability, yaitu kontribusi siswa sebagai anggota kelompok, tampak bahwa tidak semua siswa menyumbangkan kontribusinya kepaqa kelompok. Kelompok terdiri dari berbagai siswa yang memiliki sikap yang positif dan negatif terhadap tugas kelompok. Sehingga timbul' pertanyaan apakah sikap siswa terhadap tugas kelompok dapat mempengaruhi perilaku kerjasama yang ditampilkan oleh siswa.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Perilako kerjasama yang efektif dalam mengerjakan togas kelompok, Sikap siswa terhadap togas kelompok, Togas kelompok.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 15 Aug 2019 03:58
Last Modified: 15 Aug 2019 03:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35801

Actions (login required)

View Item View Item