Perancangan Strategi Pemasaran PDA Phone Berdasarkan Analisis Siklus Hidup Produk dan Perilaku Konsumen di Surabaya

Sunandar, Adi (2007) Perancangan Strategi Pemasaran PDA Phone Berdasarkan Analisis Siklus Hidup Produk dan Perilaku Konsumen di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2895_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2895_Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/134938

Abstract

Strategi pemasaran produk teknologi berbeda dengan produk non teknologi. Perbedaannya terletak pada ketidakpastian pasar, teknologi dan pesaing. Strategi pemasaran yang digunakan juga akan mengalami perubahan seiring perkembangan teknologi dan posisi siklus hidup produk untuk mempertahankan atau meningkatkan penjualan. Perencanaan strategi pemasaran yang tepat diperlukan identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen serta perilaku konsumen karena perilaku konsumen produk berteknologi memiliki suatu karakteristik yang berbeda. Penelitian ini bersifat kualitatif, maka metode pengumpulan data yang dipilih adalah menggunakan kuesioner dengan metode purposive atau judgment sampling. Sampel yang diambil adalah konsumen pengguna PDA-phone. Kuesioner dibagikan kepada responden hingga mencapai 155 eksemplar yang kembali dan valid. Pada penelitian ini dilakukan beberapa analisis yaitu analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui profil konsumen pengguna PDA-phone. Tipe adopsi mayoritas pengguna PDA-phone adalah tipe adopsi early adopter (46,5%), early majority (32,3%). Mayoritas profesi dari early adopter dan early majority pengguna PDA-phone adalah profesional. Merek PDA-phone yang paling banyak digunakan adalah O2. Menurut tipe adopsi innovator, early adopter tingkat penerimaan berdasarkan keunggulan relatif sangat membantu penyebaran inovasi teknologi. Sedangkan menurut tipe adopsi late majority dan laggard, tingkat penerimaan berdasarkan kompleksitas sangat mempengaruhi penerimaan inovasi teknologi. Setelah itu dilakukan analisis manova yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara konsumen pengguna antara early majority dan late majority pada konsumen pengguna PDA-phone berdasarkan variabel-variabel tingkat kepentingannya dalam pembelian PDA-phone. Ada perbedaan kepentingan dalam baterei, kemudahan penggunaan, fasilitas (fungsi), garansi, harga sesuai kualitas, distributor resmi dan kemudahan memperoleh antara tipe adopsi early majority dan early adopter. Dari analisis perilaku konsumen dapat disimpulkan yang mempengaruhi dalam membeli, mengganti, menentukan tempat pembelian adalah diri sendiri meskipun faktor keluarga juga sedikit berpengaruh. Mayoritas responden mendapat referensi dari pameran (48,4%). Promosi yang paling disukai adalah diskon langsung dan hadiah langsung (aksesoris). Selanjutnya adalah analisis siklus hidup produk, pada analisis ini diketahui siklus hidup produk PDA-phone berada pada tahap growth dan siklus hidup produk PDA-phone merek O2 berada dalam tahap growth tetapi mengalami slowdown. Dari hasil keseluruhan analisis perilaku konsumen dan siklus hidup produk digunakan untuk merancang strategi pemasaran yang mencakup STPD (segmentation, targetting, positioning, differentiation) dan 4 dimensi bauran pemasaran yaitu product seperti: menambah model dan warna, meningkatkan kualitas dan fasilitas produk, memberikan garansi, baterei tahan lama, ukuran dan berat yang sesuai, meningkatkan image dan layanan upgrade serta download, memperhatikan kemudahan penggunaan, menambah aksesoris,; price seperti: potongan harga, diskon musiman, menurunkan harga untuk segmen selanjutnya; place seperti: cara display dengan dummy ataupun contoh produk, menambah jumlah dealer dan distributor resmi, memperhatikan jalur distribusi, tempat pembelian PDA-phone di dalam tempat perbelanjaan; serta promotion seperti: paket produk, iklan di majalah/tabloid handphone, pameran, brosur dengan detail produk.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:59
Last Modified: 16 Aug 2019 02:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35843

Actions (login required)

View Item View Item