Sintesis Senyawa 3 Klorobenzoiltiourea Melalui Proses Refluks dan Uji Aktivitas Sebagai Calon Obat Penekan Sistem Saraf Pusat (Anti Depresi)

Kirtishanti, Aguslina and Kesuma, Dini (2010) Sintesis Senyawa 3 Klorobenzoiltiourea Melalui Proses Refluks dan Uji Aktivitas Sebagai Calon Obat Penekan Sistem Saraf Pusat (Anti Depresi). In: Prosiding Seminar Teknik Kimia Soehadi Reksowardojo 2010. Institut Teknologi Bandung, Bandung.

[thumbnail of Dini Kesuma_Sintesis Senyawa 3 Klorobenzoiltiourea.pdf]
Preview
PDF
Dini Kesuma_Sintesis Senyawa 3 Klorobenzoiltiourea.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Senyawa 3 klorobenzoiltiourea disintesis melalui reaksi asilasi antara tiourea dan 3 klorobenzoil klorida dengan menggunakan pelarut tetrahidrofuran. Sintesis senyawa tersebut dilakukan melalui proses refluks selama 5 jam dan dilanjutkan dengan pemanasan untuk menghilangkan pelarut. Persentase hasil sintesis adalah 75%. Kemurnian hasil sintesis ditunjukkan dengan adanya noda tunggal pada KLT dan jarak lebur yang sempit. Berdasarkan hasil identifikasi struktur dengan spektroskopi UV, IM, 1H-RMI, dan KG-SM menunjukkan struktur senyawa hasil sintesis 3 klorobenzoiltiourea sesuai dengan yang diharapkan. Uji aktivitas sebagai calon obat penekan sistem saraf pusat (SSP) dengan uji potensiasi pada hewan coba mencit menunjukkan bahwa senyawa 3 klorobenzoiltiourea memiliki aktivitas yang lebih tinggi daripada senyawa induknya benzoiltiourea.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: 3 klorobenzoiltioure; refluks; sintesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 21 Aug 2019 08:45
Last Modified: 21 Aug 2019 08:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35958

Actions (login required)

View Item View Item