Suandari, Ni Luh Ari (2019) Hubungan Antara Penggunaan Social Media dengan Online Impulsive Buying Produce Fashion Pad Emerging Adulthood. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
S_524_Abstrak.pdf Download (41kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan pesat teknologi membuat pola pembelian konsumen secara online melalui media sosial seperti instagram, facebook, line. Terutama pada remaja semakin meningkat. Saat seseorang terdorong untuk membeli dan selanjutnya membeli tanpa adanya perencanaan maka muncullah perilaku impulsive buying. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui apakah ada hubungan antara penggunaan media sosial yang dilakukan oleh konsumen tersebut dengan munculnya perilaku pembelian impulsif terhadap produk fashion. Subjek pada penelitian ini berjumlah 353 orang, emerging adulthood berusia 18 – 25 tahun, yang dipilih dengan tehnik accidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar angket demografi, angket terbuka dan angket tertutup yaitu impulsive buying tendency scale dan social media use integration scale. Data uji hipotesis diolah menggunakan korelasi Spearman’s. Hasil analisis menunjukan terdapat hubungan positif antara penggunaan social media dengan impulsive buying produk fashion pada remaja dengan ( r 0,241, dan p = 0,000 < 0,05 ). Adanya korelasi yang positif menunjukan bahwa semakin tinggi skor penggunaan media sosial maka semakin tinggi juga skor perilaku impulsif. Saran dari penelitian ini agar emerging adulthood bisa lebih bijak dalam penggunaan media sosial.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media sosial, impulsive buying, emerging adulthood |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 05:26 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 05:26 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35965 |
Actions (login required)
View Item |