Uji Efektivitas Analgesik Ekstrak Daun Sembung (Blumea balsamifera (L) DC.) menggunakan Alat Tail Flick Modifikasi V-3 Pada Mencit Betina ( Mus muskulus L.)

Mulyawati, Desy Natalia (2004) Uji Efektivitas Analgesik Ekstrak Daun Sembung (Blumea balsamifera (L) DC.) menggunakan Alat Tail Flick Modifikasi V-3 Pada Mencit Betina ( Mus muskulus L.). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_1789_Abstrak.pdf

Download (53Kb) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/150062

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui khasiat analgesik dari ekstrak air daun Sembung (Blumea balsamifera (L.) DC) yang diberikan secara oral pada mencit betina galur Swiss Webster menggunakan alat Tail-Flick modifikasi V-3, Stimulus nyeri dari metode Tail-Flick ini berasal dari kawat melanin panas dengan suhu 55°C. Obat pembanding yang digunakan adalah asetosal dosis 70 mg/kg BB dan untuk kontrol adalah aquadem. Analisa data hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak air daun Sembung (Blumea balsamifera (L.) DC) yang diberikan secara oral pada mencit betina memiliki efek analgesik. Hewan yang digunakan adalah mencit putih (Mus musculus L.) betina galur Swiss Webster yang dibagi dalam 3 kelompok, yaitu kelompok kontrol, kelompok uji, dan kelompok pembanding. Mencit pada kelompok kontrol diberi aquadest secara per oral, pada mencit kelompok uji diberi rebusan daun Sembung yang akan diuji khasiatnya dan pada kelompok pembanding diberi asetosal secara per oral.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 28 Aug 2019 11:47
Last Modified: 28 Aug 2019 11:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36039

Actions (login required)

View Item View Item