Theresia, Yunita (2007) Studi Kelayakan Pendirian Villa dan Penambahan Fasilitas Hiburan di Pantai Batavia untuk Meningkatkan Minat Wisatawan ke Pantai Batavia. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2825_Abstrak.pdf Download (36kB) | Preview |
Abstract
Kota Sungailiat merupakan kota pariwisata, dimana terdapat banyak pantai yang bagus dan indah. Namun perkembangannya sebagai tempat wisata yang menarik kurang berkembang karena upaya yang dilakukan terkait fasilitas pariwisata masih kurang. Salah satu tempat wisata adalah Pantai Batavia yang memiliki kelebihan lain dibandingkan dengan pantai lainnya, dimana kondisi pantai yang indah dan memiliki bentangan pantai kurang lebih sepanjang 1 km tanpa bebatuan sehingga aman jika digunakan untuk watersport. Dengan melihat potensi yang dimiliki oleh Pantai Batavia tersebut maka muncul gagasan didirikan tempat peristirahatan (villa). Selain itu, dengan kondisi pantai yang menguntungkan tersebut maka ditambahkan fasilitas hiburan watersport agar dapat bersaing dengan tempat wisata sejenis. Selama ini Pantai Batavia hanya digunakan oleh pengunjung untuk memancing, terutama bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing. Oleh karena itu, dengan melihat kondisi Pantai Batavia dengan lokasi yang strategis, tidak jauh dari pusat kota maka diperlukan pendirian villa dan penambahan fasilitas hiburan watersport. Untuk itu, diperlukan studi kelayakan pendirian villa dan penambahan fasilitas hiburan watersport. Langkah-langkah awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menentukan aspek-aspek yang akan dibahas dalam studi kelayakan, yaitu aspek pasar, aspek manajemen, aspek teknis, aspek keuangan, serta aspek hukum dan sosial. Berdasarkan analisis aspek pasar, diperoleh data bahwa jumlah permintaan efektif jauh lebih besar daripada kapasitas villa yang dibangun, baik permintaan efektif untuk beli villa maupun permintaan efektif untuk sewa villa sehingga dapat disimpulkan bahwa pendirian villa ini layak untuk dilakukan. Selain itu, pada aspek pasar ini juga dianalisis strategi pemasarannya berdasarkan segmentation, targeting, positioning, dan differentiation, serta 8Ps. Dalam hal ini segmentasi yang ditetapkan adalah kalangan menengah ke atas, penduduk lokal (keluarga) merupakan target pasarnya. Dalam hal ini, positioning villa Pantai Batavia ini adalah satu-satunya hunian terbaik di tepi pantai yang bernuansa resort. Sedangkan differensiasinya adalah konsep villa yang didesain secara tropis minimalis, keunikan Pantai Batavia, dan fasilitas hiburan watersport yang memadai. Perencanaan pada aspek teknis dilakukan dengan pemilihan perabotan villa dan peralatan fasilitas watersport. Perabotan yang dipilih disesuaikan dengan konsep desain villa yang didirikan yaitu menggunakan konsep tropis minimalis. Sedangkan fasilitas watersport terdapat keterbatasan data yang diperoleh, namun peralatan watersport tersebut dipilih berdasarkan hasil survei dan dari akses internet. Berdasarkan analisis dari aspek keuangan , didapatkan MARR sebesar 16%, nilai NPV sebesar Rp. 7.379.071.892,00., nilai IRR sebesar 44,69% jauh lebih besar dari MARR 16%, dan Discounted Payback Period sebesar 1,93 tahun. Kemudian dilakukan analisis sensitivitas pada pendapatan, diperoleh hasil bahwa pendirian villa dan penambahan fasilitas watersport masih layak dilakukan jika penurunan pendapatan tidak lebih dari 28,30%. Kesimpulan dari hasil analisis ketiga aspek di atas adalah pendirian villa dan penambahan fasilitas hiburan watersport layak untuk dilakukan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 29 Aug 2019 02:00 |
Last Modified: | 29 Aug 2019 02:00 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36041 |
Actions (login required)
View Item |