Gambaran Komponen yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Handphone Blackberry dan Gaya Hidup Konsumen

Marolla, Siti Fauziah Hanim (2013) Gambaran Komponen yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Handphone Blackberry dan Gaya Hidup Konsumen. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232667

Abstract

Keputusan pembelian merupakan suatu keputusan seseorang dimana dia memilih salah satu dari beberapa alternatif pilihan yang ada. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian tersebut adalah gaya hidup. Gaya hidup itu sendiri menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” yang berinteraksi dengan lingkungannya, dimana dari pola hidup tersebut akhirnya turut menentukan perilaku pembelian. Oleh karena itu untuk melihat faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian seseorang, butuh dilihat pola hidup seserang dalam menggambarkan dirinya di lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan komponen apa yang paling mendominasi dalam mempengaruhi konsumen membeli BlackBerry, serta ingin menggambarkan kelompok konsumen yang gaya hidupnya seperti apa yang paling banyak membeli produk handphone merek BlackBerry, kemudian mendeskripsikan komponen mana dari keputusan pembelian yang paling mempengaruhi perilaku konsumen dalam memutuskan membeli handphone BlackBerry pada gaya hidup tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian survey kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 215 orang yang dipilih dari populasi dengan teknik incidental sampling. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan angket kepada subjek yang angketnya berisi tentang beberapa butir aitem gaya hidup konsumen dan keputusan pembeliannya. Analisis datanya digunakan studi dekriptif bertujuan untuk memberikan deskripsi atau gambaran mengenai subjek penelitian berdasarkan data dari variabel yang diperoleh dari kelompok subjek yang diteliti. Selain itu juga untuk melihat Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tujuh komponen yang kemudian dieliminasi menjadi lima komponen melalui survey awal terlihat bahwa komponen yang paling mendominasi konsumen dalam keputusan membeli handphone BlackBerry terdapat tiga komponen yang menjadi komponen paling mempengaruhi keputusan pembelian BlackBerry yaitu jenis produk, merek dan tempat agen penjualnya. Sedangkan untuk penggambaran gaya hidup, ada tiga gaya hidup yang paling dominan tergambar adalah fulfilleds, achiever dan experiencer.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian, Gaya Hidup, VALS 2.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 17 Jul 2013 07:58
Last Modified: 17 Jul 2013 07:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3609

Actions (login required)

View Item View Item