Penembakan Petugas Paramedis oleh Tentara Israel di Jalur Gaza Ditinjau dari Konvensi Jenewa Tahun 1949

Safela, Farinra (2019) Penembakan Petugas Paramedis oleh Tentara Israel di Jalur Gaza Ditinjau dari Konvensi Jenewa Tahun 1949. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of HI_431_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
HI_431_Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/254172

Abstract

Petugas paramedis merupakan anggota palang merah internasional ataupun perhimpunan sukarela yang merupakan pihak yang dilindungi didalam konflik bersenjata sesuai ketentuan Konvensi Jenewa 1949 bagian ke IV dan Protokol Tambahan I 1977. Konvensi Jenewa merupakan konvensi yang digunakan untuk mengatur metode dalam perang dan konflik bersenjata. Namun hingga saat ini masih ada pihak-pihak yang melanggar ketentuan tersebut. Hal ini terdapat pada konflik bersenjata yang terjadi antara Negara Palestina dan Negara Israel. Dalam konflik tersebut terjadi penembakan yang dilakukan oleh tentara Israel terhadap petugas paramedis yang sedang menjalankan tugasnya sehingga menyebabkan meninggalnya petugas paramedis tersebut. Hal ini tentunya bertentangan dengan ketentuan hukum humaniter dan hukum kebiasaan internasional serta beberapa asas dan prinsip didalam hukum humaniter. Oleh karena itu artikel ini akan membahas Apakah tindakan penembakan yang menimbulkan kematian oleh tentara Israel terhadap petugas paramedis di jalur Gaza dapat dibenarkan berdasarkan Konvensi Jenewa Tahun 1949?

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Petugas paramedis, Konvensi Jenewa tahun 1949, Penembakan tentara Israel, Negara Israel, Negara Palestina, Tentara Israel. Kejahatan perang.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Sep 2019 03:38
Last Modified: 09 Sep 2019 03:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36135

Actions (login required)

View Item View Item