Ray Tracing Superquadric Object

., Henry (2005) Ray Tracing Superquadric Object. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TI_638_Abstrak.pdf

Download (58Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137404

Abstract

Ray tracing adalah suatu metode yang digunakan untuk meuampilkan sebuah objek atau lebih pada sebuah layar dengan cara melewatkan sinar melalui semua pixel pada layar dan mencari titik tumbukan antara sinar dengan objek kemudian meuampilkan warua pixel tersebut. Untuk menampilkan objek dengan menggunakan metode ray tracing diperlukan suatu cara untuk mengetahui di mana suatu ray (sinar) bertumbukan dengan objek. Hal iui dapat dilakukan dengan cara mensubstitusikan persamaan sinar ke persamaan objek, lalu dicari nilai-uilai penyelesaiaunya. Pencarian uilai-nilai penyelesaian untuk objek superquadric sangat susab atau hampir tidak mungkin dilakukan tanpa menggunakan metode numerik karena pada objek superquadric persamaannya mungkin mengandung derajat persamaan lebih dari 3, ataupun mengandung derajat persamaan desimal. Topik ini berusaba untuk mencari tahu bagaimana cara pemakaian metode numerik untuk menampilkan objek superquadric secara cepat (bagaimana cara pemilihan uilai-uilai awal yang harus diberikan agar proses iterasi di metode numeriknya tidak terlalu lama). Objek superquadric yang dimaksud adalah superellipsoid, superhyperboloid of one sheet, superhyperboloid of twosheets, dan supertoroid. Metode numerik yang digunakan dalam tugas akhir iui adalah metode regulafalsi. Karena tugas akhir iui merupakan pengembangan dari tugas akhir sebelunmya yang menggunakan metode biseksi untuk penyelesaian akar-akarnya maka pada tahap uji coba, hasil akhir dari keduanya akan dibandingkan. Pe!bandingan yang dilakukan meliputi jumlah iterasi dan laruanya waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan objek. Kesimpulan yang didapat dari pembuatan tugas akhir iui adalah bahwa dalam mencari akar-akar penyelesaian pada metode numerik, persamaan sinar harus diabsolutkan terlebih dahulu untuk menghindari pangkat dari bilangan negatif Selain itu perbitungan pada proses numerik membutuhkan beberapa tebakan awal. Dari pembuatan tugas akhir ini dapat dibuktikan bahwa pemakaian metode regulafalsi pada ray tracing lebih cepat konvergen dibandingkan dengan metode biseksi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Sep 2019 09:38
Last Modified: 09 Sep 2019 09:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36156

Actions (login required)

View Item View Item