Nangoy, Andrew Andreas (2004) Pembuatan Computer Aided Learning Berbasis Web untuk Mempelajari Simulasi Sistem Antrian. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TI_516_Abstrak.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
Tugas Akhir ini berkaitan dengan pembuatan CAL berbasis web wttuk rnempeJajari sistem antrian. Materi sistem antrian ini terdapat dalarn mata kuJiah staristik dan mata kuliah simulasi. Berdasarlam basil kuisioner awal yang telah disebarkan ke 30 rnahasiswa, banyak yang mengalarni kesuJitan dalarn mempelajari sistem antrian terutarna pada multi server. Hal ini disebabkan karena ketelbatasan kemarnpuan mahasiswa untuk memaharni materi dan tidak dapat membayangkan model antrian dengan baik ini disebabkan tidak dinnmgkinkan pembelajaran dilakukan di lab komputer atau dosen membawa komputer dan mennnjukan suatn aplikasi yang menggambarkan model antrian yang diajarkan, serta kumngnya latihan soal yang dibenlam dosen karena ketelbatasan waktu Untuk menyelesaikan permasalahau iui maka perlu diterapkan suatu metode peugajaran lain sebagai altematif, yaitu metode Computer Aided Learning (CAL). CAL iui adalah suatu metode alteruative dalam peugajaran yang meman:lilatkan komputer sebagai alat bantu dalarn penyampaian suatu materi. NamiDl seiring dengan kemlglJan teknologi yang semakin pesat terutarna dalam bidang infonnasi dan pendidikan memuncuJkan suatu kemwtgkinan wttuk rnengaplikasikan CAL ini menjadi CAL belbasis web. Dengan CAL belbasis web sistem antrian materi yang diajarkan dapat diakses oleh siapa saja dan tidak terlciat dengan waktu serta ruang. £-learning yang dibuat ini berisi penjelasan materi, animasi setiap model antrian., evaluasi, juga dilengkapi dengan fusilitas forum diskusi, melihat nilai hasJl evaluasi dan pengumwnan dari dosen pengajar. Dalam animasi tampilkan beutuk setiap model antrian serta menarnpilakan data-data setiap customer dari waktu kedatangan, waktu dilayani server dan waktu tunggu, juga menampilkan grafik waktu kedatangan dan waktu dilayani. Evaluasi dilakukan dengan dua tahap, tahap pertarna dilakukannya test kepada 20 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok, setiap kelompok terdiri dari 10 orang dan basil dari dna kelompok ini dll>andingkan. Tahap kedua dilakukan dengan penyebaran kuisioner terlJadap 30 mahasiswa Kesimpulan dari tugas akhir ini adalah meningkatkan pemaharnan mahasiswa terhadap materi sistem antrian dan tiugkat kiuerja aplikasi e-learning yang telah dibuat secara keselwuhan yang sesuai dengan kebutuban mahasiswa dalarn mempelajari sistem antrian.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 05:43 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 05:43 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36265 |
Actions (login required)
View Item |