Implikasi Yin-Yang terhadap Etika Bisnis dalam Perspektif dari Seorang Pemimpin

., Steven (2019) Implikasi Yin-Yang terhadap Etika Bisnis dalam Perspektif dari Seorang Pemimpin. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_4366_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_4366_Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/252894

Abstract

Nilai etika bisnis menjadi nilai krusial bagi kebutuhan dalam operasi bisnis suatu badan usaha dimasa sekarang. Tidak hanya terbatas untuk mendapatkan kesetiaan dari karyawan tetapi mendapatkan kepercayaan dari pihak eksternal seperti pembeli, pemasok bahkan pemerintah sehingga dapat mempertahankan operasi bisnis. Akan tetapi dalam penentuan nilai etika kerap dari seorang pemimpin menemukan konflik kepentingan antara diri sendiri dengan berbagai macam kepentingan dibadan usaha tersebut. Dengan adanya Yin-Yang sebagai filosofi yang mendasari keputusan dan kebijakan dalam suatu badan usaha diharapkan dapat menjadi bantuan kepada seorang pemimpin untuk dapat mengambil keputusan untuk memenangkan hati setiap pihak. Penelitian ini membahas implikasi filosofi Yin-Yang terhadap Etika Bisnis dari seorang pemimpin. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam filosofi Yin-Yang dapat membentuk nilai etika yang telah sesuai dengan konsep teoritis, namun pada realitas seringkali sebelum keputusan diambil pemimpin akan mengalami konflik kepentingan dengan dasar kapitalisme yang mengedepankan kemelekatan pada angka profit hingga akhirnya kebijaksanaan dalam menemukan harmoni dalam filosofi Yin-Yang dapat menemukan solusi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis, Kepemimpinan, Yin-Yang
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 18 Sep 2019 06:59
Last Modified: 18 Sep 2019 06:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36304

Actions (login required)

View Item View Item