Pembuatan E-Learning untuk Mempelajari Logika Fuzzy Secara Interaktif

Sinar K., Herdina (2005) Pembuatan E-Learning untuk Mempelajari Logika Fuzzy Secara Interaktif. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_624_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_624_Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137377

Abstract

Materi logika fuzzy merupakan salah satu materi dari logika matematika yang diajarkan di Universitas dalam lingkup Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika. Dari basil angket yang telah disebarkan ke 30 mabasiswa, didapatkan (50%) mahasiswa merasa kesulitan dalam memahami karena masih menggunakan pembelajaran dengan sistem manual yaitu menggunakan papan tulis dan buku. Untuk itu penulis membuat sebuah perangkat lunak e-learning tentang logika/uzzy. Manfaat pembuatan e-lerning ini yaitu membantu user (pengguna) maupun mahasiswa dalam mempelajari logika fozzy melalui e-learning yang dibuat secara interaktif, tidak terbatas ruang dan waktu. Dan dari segi pengajar sebagai media aktif pembelajaran yang lain sehingga tidak menggunakan media pembelajaran tertentu saja. Melakukan analisa sistem dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa untuk mengetahui kebutuhan pemakai. Kebutuhan sistem yang diperlukan yaitu perangkat lunak yang menyajikan materi dengan pembahasan secara bertahap disertai animasi grafik juga terdapat soal latihan dan evaluasi. Setelah itu dilakukan desain kemudian diimplementasikan. Aplikasi yang dibuat terdiri atas teori, soal latihan, email, member list, evaluasi, chatting. Pemakai perangkat lunak e-learning ini dibedakan menjadi 2 yaitu pemakai biasa dan member. Untuk member harus mengisikan username dan password sewaktu login, sedangkan untuk pemakai biasa tidak perlu login. Member dapat menggunakan semua halaman web yang ada yaitu mater, latihan, email, member list, evaluasi, dan chatting. Sedangkan pemakai biasa tidak dapat menggunakan halaman member list, evaluasi, dan chatting. Dari hasil verifikasi dan validasi didapatkan bahwa perangkat lunak e-learning telah terbebas dari kesalahan setelah melakukan uji coba beberapa kali. Dan hasil yang diperoleh dari validasi yang dilakukan bahwa perangkat lunak e-learning dapat meningkatkan pemahaman mabasiswa dalam mempelajari rnateri logika fozzy berdasarkan basil tes akhir yang dilakukan kepada mabasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya lebih tinggi daripada hasil tes awal. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa e-learning dapat menyajikan rnateri logika fuzzy dengan pembabasan per sub materi dengan jelas. Saran untuk menyempurnakan tugas akhir ini adalah rnateri yang ada dapat lebih dilengkapi dengan materi yang lain sesuai dengan pokok bahasan logikafozzy.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:20
Last Modified: 23 Sep 2019 02:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36329

Actions (login required)

View Item View Item