Analisis Customer Need Teknik Industri Universitas Surabaya dan Institut Sepuluh Nopember Surabaya dengan Pendekatan Kano dan Triz

Prawatya E, Aditya Pinkawastu (2007) Analisis Customer Need Teknik Industri Universitas Surabaya dan Institut Sepuluh Nopember Surabaya dengan Pendekatan Kano dan Triz. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2966_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2966_Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/134878

Abstract

Program Studi Teknik Industri Universitas Surabaya adalah suatu organisasi jasa bergerak di bidang pendidikan. Program studi Teknik Industri Universitas Surabaya merupakan program studi pertama di Universitas Surabaya (UBAYA) yang berhasil memenangkan Program Hibah Kompetisi (PHK) TPSDP batch-1 dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2001. Sebagai organisasi jasa sekaligus lembaga pendidikan dan agar tetap mampu mempertahankan prestasinya Teknik Industri Universitas Surabaya harus terus meningkatkan kualitasnya untuk menjadi lebih baik lagi agar tercapai kepuasan mahasiswa terhadap layanan Teknik Industri Universitas Surabaya dan tetap mampu bersaing. Pada penelitian ini dilakukan survey awal untuk mengetahui variabel yang menjadi kebutuhan dan keinginan mahasiswa melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Responden yang terkait dalam penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Industri Universitas Surabaya dan ITS Surabaya. Setelah itu dilakukan pengelompokkan terhadap dimensi HEDPERF (Higher Education Performance) dimana tergolong dalam academic aspect, non academic aspect, access, understanding, reputation, dan programme issues. Selain itu penelitian ini menggunakan metode Kano model untuk mengetahui tingkat kebutuhan dan keinginan mahasiswa terhadap Teknik Industri UBAYA dan ITS, yang kemudian dilakukan pengelompokkan seperti attractive dimana mahasiswa akan menjadi lebih puas jika suatu variabel diberi fungsi lebih (sesuatu yang menarik bagi mahasiswa) akan tetapi jika tidak ada mahasiswa tidak akan mengkomplain, one dimensional dimana mahasiswa akan merasa puas jika suatu variabel diberi fungsi lebih dan merasa tidak puas jika fungsi tidak dipenuhi,dan must be dimana variabel tersebut harus ada dalam suatu perguruan tinggi jika tidak maka mahasiswa tidak akan tertarik. Dari hasil pengelompokkan diketahui bahwa ternyata terdapat perbedaan kebutuhan antara TI UBAYA dan TI ITS, hal ini berbeda karena target konsumen TI UBAYA dan TI ITS berbeda. Mahasiswa TI UBAYA lebih mementingkan kategori one dimensional sedangkan mahasiswa TI ITS lebih mementingkan kategori must be. Langkah selanjutnya adalah analisis kuadran untuk menentukan keunggulan dan kelemahan TI UBAYA. Kelemahan TI UBAYA diketahui melalui kuadran IV dimana suatu variabel penting akan tetapi mahasiswa tidak puas. Dari beberapa kelemahan yang muncul, yang akan dilakukan perbaikan adalah dari sisi academic aspect, yaitu: “kejelasan asissten dosen menyampaikan materi, kejelasan laboran menyampaikan pengarahan, materi yang diajarkan diimbangi dengan adanya tindakan nyata (praktek), dan pelatihan pelatihan yang berkaitan dengan TI.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2019 05:54
Last Modified: 23 Sep 2019 05:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36335

Actions (login required)

View Item View Item