Analisis Kepekaan Pendapatan Nasional (GDP) terhadap Perubahan Investasi Asing (FDI) dan Nilai Tukar (ER) Di Era Teknologi Informasi (IT)

Sundari, Hj. Made Siti (2017) Analisis Kepekaan Pendapatan Nasional (GDP) terhadap Perubahan Investasi Asing (FDI) dan Nilai Tukar (ER) Di Era Teknologi Informasi (IT). In: Proceedings Seminar Nasional TIK dan Ilmu Sosial (Sosiotech 2017: Potensi Penggunaan TIK dan Ilmu Sosial dalam Mendukung Program Mandalika Resources. STMIK Bumigora, Mataram, SOS15-SOS20. ISBN 978-602-17488-2-4

[thumbnail of Analisis Kepekaan Pendapatan Nasional_Revisi.pdf]
Preview
PDF
Analisis Kepekaan Pendapatan Nasional_Revisi.pdf

Download (997kB) | Preview

Abstract

Perekonomian Indonesia saat ini telah mengalami keterbukaan dalam arti tiada hambatan dalam perdagangan Internasional. Perdagangan bebas akan dapat mempengaruhi pendapatan nasional( GDP) Indonesia. Persaingan ini tidak hanya disebabkan semakin banyaknya barang dan jasa yang masuk ke Indonesia, tetapi juga aliran modal masuk (capital inflow) berupa Foreign Direct Investment juga semakin meningkat, apalagi diiringi teknologi Informasi yang demikian pesatnya memberikan kemudahan bagi investor, dalam menggali informasi. Tidak itu saja adanya perdagangan bebas juga menimbulkan nilai kurs valuta asing berfluktuasi, dan akan mempengaruhi besarnya pendapatan nasional. Guna mengetahui sejauhmana kepekaan Pendapatan Nasional(GDP) terhadap perubahan Investasi Asing(FDI), dan Nilai Tukar (ER) di erat teknologi informasi ini, maka penelitian ini menggunakan alat analisis Elastisitas. Elastisitas(Elasticity) adalah suatu konsep umum yg digunakan untuk melihat respon dari suatu variabel jika variabel lain berubah. Hasil dari perhitungan menunjukkan, elastisitan GDP terhadap FDI rata rata inelastic(kurang peka), hanya pada 2011 saja yang menunjukan adanya kepekaan. Nilai tukar tidak berpengaruh terhadap GDP terbukti nilai koefisien elastisitasnya menunjukkan <l (inelastic), Respon dari GDP terhadap FDI tahun 2015 lebih tinggi tahun tahun sebelumnya dan lebih tinggi dari respon terhadap Nilai Tukar.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: GDP, Foreign Direct Investment (FDI), Exchange Rate (ER), dan Elasticity
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 30 Sep 2019 08:02
Last Modified: 27 May 2022 04:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36416

Actions (login required)

View Item View Item