Perbaikan Warehouse Management pada Pabrik PT Bella Agung Citra Mandiri di Sidoarjo

., Reno (2019) Perbaikan Warehouse Management pada Pabrik PT Bella Agung Citra Mandiri di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4181_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_4181_Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/253471

Abstract

PT. Bella Agung Citra Mandiri adalah perusahaan springbed yang didirikan pada tahun 1997 oleh Bapak Sugiarto, SE. di Sidoarjo. Perusahaan ini berlokasi di kecamatan Candi Sidoarjo terdiri dari kantor pusat sekaligus operasional pabrik yaitu produksi dan penyimpanan. Fungsi penyimpanan terdiri dari dua bagian yaitu gudang bahan baku dan gudang produk jadi. Pada gudang bahan baku, terdiri dari dua bagian yaitu gudang bahan baku indoor yang digunakan untuk menyimpan bahan baku roll kain dan roll busa serta gudang bahan baku outdoor yang digunakan untuk menyimpan rangka kayu, cotton sheet, bonnell coil. Permasalahan yang didapat dari hasil observasi gudang bahan baku adalah adanya kelebihan ruang (wasted space) pada gudang bahan baku indoor dan kekurangan ruang penyimpanan pada gudang bahan baku outdoor. Sedangkan untuk gudang penyimpanan produk jadi, dari hasil observasi didapatkan bahwa penataan gudang yang belum memiliki pola yang tetap, menyebabkan gudang terlihat tidak rapi dan mempersulit proses loading produk karena mempersulit pergerakan troli dan proses pencarian produk. Dalam penelitian ini dilakukan perbaikan warehouse management yaitu penataan gudang yaitu gudang bahan baku dan gudang produk jadi, penataan gudang bahan baku dilakukan untuk meminimalkan ruang penyimpanan yang tidak terpakai, namun tetap mudah untuk mencari bahan baku. Serta menambah ruang penyimpanan terutama untuk rangka kayu yang sering terjadi kekurangan tempat simpan. Kemudian menata ulang gudang penyimpanan produk jadi dengan tujuan mempermudah pergerakan alat material handling, mempermudah proses pencarian produk jadi dan mempercepat proses order picking produk jadi yang dimulai dari troli memasuki area gudang sampai dengan troli keluar dari area gudang. Indikator yang digunakan dalam melakukan proses perbaikan adalah Specific and relevant, Measurable, Achieveable, Time based dan Credible. Setelah dilakukannya penelitian ini diperoleh pertambahan kapasitas penyimpanan ruang bahan baku untuk rangka kayu dari 120 unit menjadi 140 unit dari kebutuhan sebesar 136 unit dan menggunakan kembali ruang yang sekarang tidak lagi digunakan (sebesar 32,67%) pada gudang bahan baku indoor meningkat penggunaanya menjadi 78% Kemudian memberikan dua usulan penataan gudang produk jadi,dimana kedua usulan tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Usulan A memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu 155 unit dan kecepatan rata-rata order picking 54,7 detik dan usulan B memiliki kapasitas 120 unit namun dengan kecepatan rata-rataorder picking yang lebih cepat yaitu 34,7 detik.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Warehouse Management Systems, Inventory Management, Job Analysis and Design, Methods Time Measurement.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:46
Last Modified: 07 Oct 2019 03:46
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36443

Actions (login required)

View Item View Item