Pengaruh Edukasi Booklet terhadap Pengetahuan Minum Aspirin Pada Ibu Hamil Berisiko Tinggi Preeklamsia

Karunia, Rella Indah (2019) Pengaruh Edukasi Booklet terhadap Pengetahuan Minum Aspirin Pada Ibu Hamil Berisiko Tinggi Preeklamsia. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MFK_211_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MFK_211_Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/253063

Abstract

Preeklamsia merupakan penyebab kematian ibu terbesar di Jawa Timur tahun 2015. Seorang wanita di negara berkembang termasuk Indonesia mempunyai tujuh kali lebih mungkin mengalami preeklamsia dibandingkan wanita di negara maju.Pencegahan preeklamsia dapat dilakukan dengan melakukan skrining ibu hamil pada usia kehamilan 11+0 – 13+6 minggu untuk menentukan besar risiko terjadinya preeklamsia pada ibu.Apabila hasil skrining menunjukkan adanya risiko preeklamsia maka dilakukan pencegahan dengan pemberian aspirin dosis rendah. Kurangnya pengetahuan ibu hamil dalam penggunaan tablet aspirin menjadi salah satu penyebab ketidakpatuhan minum aspirin dan peningkatan risiko preeklamsia. Tesis ini membahas tentang ada atau tidaknya perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi menggunakan booklet, juga membahas tentang kepatuhan aspirin sesudah edukasi antara evaluasi pertama dan kedua. Metode: Penelitian ini adalah penelitian pre eksperimental dengan menggunakan rancangan one group pre test post test. Sebanyak 12 ibu hamil yang berisiko tinggi preeklamsia dan mendapatkan aspirin 100 mg pada usia kehamilan 11+0 – 13+6 minggu yang dapat menyelesaikan seluruh prosedur penelitian sampai akhir. Ibu hamil mendapatkan pre test dan dan post test dalam jangka waktu 2 bulan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan perbedaan kepatuhan sesudah edukasi pada evaluasi pertama dan kedua. Hasil:Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna pengetahuan minum tablet aspirin pada ibu hamil yang berisiko tinggi preeklamsia antara sebelum dan sesudah edukasi menggunakan booklet dengan nilai p = 0,020 ; dan adanya perbedaan yang bermakna persentase kepatuhan minum tablet aspirin sesudah edukasi ntara evaluasi pertama dan kedua dengan nilai p = 0,011. Kesimpulan: Metode edukasi berupa booklet memberikan adanya perbedaan pengetahuan minum tablet aspirin sebelum dan sesudah edukasi; adanya perbedaan persentase kepatuhan sesudah edukasi pada evaluasi pertama dan kedua.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: booklet, aspirin, pengetahuan, kepatuhan, ibu hamil berisiko tinggi preeklamsia
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:12
Last Modified: 26 Nov 2019 07:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36798

Actions (login required)

View Item View Item