Perancangan Supervisory Control and Data Acquitition pada Proses Reduksi Nitrobenzene Berbasis PLC (Programmable Logic Controller)

Prasetya, Seindu (2007) Perancangan Supervisory Control and Data Acquitition pada Proses Reduksi Nitrobenzene Berbasis PLC (Programmable Logic Controller). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TE_233_Abstrak.pdf

Download (31Kb) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137811

Abstract

Kebutuhan manusia yang semakin meningkat dalam dunia industri menyebabkan dunia produksi berusaha untuk memproduksi barang yang cepat dan tepat guna. Sehingga teknologi diciptakan dan diperbarui dengan tujuan agar didapat penghasilan bersih yang besar dibanding pengeluaran produksi, melalui upaya efisiensi sumber daya dan optimalisasi sistem produksi. Karena adanya kesulitan dalam mengontrol suatu sistem yang berdimensi besar, maka untuk mempermudah pengontrolan, sistem dapat didekomposisi menjadi subsistemsubsistem yang lebih kecil dan dengan menggunakan desentralisasi, masingmasing subsistem mempunyai satu kontroler lokal (kontroler level pertama). Koordinasi antar subsistem dikontrol oleh supervisor (kontroler level kedua). PLC – PLC digunakan sebagai kontroler level pertama, sedangkan kerjasama antar subsistem dikontrol oleh komputer menggunakan software SCADA (Supervisory Control And Data Acquitition). PLC yang digunakan berjumlah 2 buah dan koneksi yang digunakan adalah RS-232 dan RS-422, sedangkan unit konversi yang digunakan untuk mengubah koneksi RS-232 menjadi RS-422 dan sebaliknya adalah NT-AL001. Software SCADA yang dipakai adalah software Intellution FIX 32 v.6.1. Sistem SCADA diterapkan pada sebuah plant pabrik anilin dengan proses reduksi nitrobenzene dalam bentuk simulator program. Sistem yang dirancang meliputi sistem security, alarming, trending, historical display dan visualisasi dari proses. Setelah melalui perencanaan dan pengujian sistem pada akhirnya didapatkan bahwa program yang dibuat dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 07 Dec 2019 02:51
Last Modified: 07 Dec 2019 02:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36869

Actions (login required)

View Item View Item