Hubungan Antara Fungsi Adaptif Mendengarkan Musik dengan Academic Buoyancy pada Mahasiswa Emerging Adulthood

Soesanto, Meidy Christianty (2019) Hubungan Antara Fungsi Adaptif Mendengarkan Musik dengan Academic Buoyancy pada Mahasiswa Emerging Adulthood. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of K_869_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
K_869_Abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/252512

Abstract

Mahasiswa perlu memiliki academic buoyancy karena pada masa emerging adulthood seseorang menghadapi tuntutan yang dapat menyebabkan stres, ditambah dengan tuntutan akademik selama perkuliahan. Mendengarkan musik menjadi salah satu cara untuk membantu seseorang menjadi lebih tenang dan memikirkan cara mengatasi tuntutan akademik sehingga memiliki academic buoyancy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fungsi adaptif mendengarkan musik dengan academic buoyancy pada mahasiswa emerging adulthood. Sebanyak 257 mahasiswa/i aktif berusia 18-25 tahun dipilih menggunakan probability sampling menjadi partisipan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kuisioner on-line. Alat ukur yang digunakan adalah Adaptive Function of Music Listening scale (AFMLS) dan Academic Buoyancy Scale (ABS). Hasil uji hipotesis non-parametrik menemukan adanya hubungan positif yang signifikan antara fungsi adaptif mendengarkan musik dengan academic buoyancy berdasarkan spearman (p = 0.030; r = 0.135). Pada uji korelasi antar aspek fungsi adaptif mendengarkan musik, terdapat hubungan antara regulasi stres dengan academic buoyancy (p = 0.019; r = 0.129). Aspek pengalaman emosional yang kuat dengan academic buoyancy (p = 0.030; r = 0.117). Tidak terdapat hubungan antara aspek regulasi kognitif dengan academic buoyancy (p = 0.066; r = 0.094). Kesimpulan penelitian ini adalah mendengarkan musik secara adaptif dapat membantu meningkatkan academic buoyancy mahasiswa. Saran penelitian selanjutnya adalah menambahkan pertanyaan mengenai analisis lirik dan mengukur faktor-faktor yang bisa mempengaruhi academic buoyancy.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: fungsi adaptif mendengarkan musik, academic buoyancy, mahasiswa aktif, emerging adulthood
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:15
Last Modified: 02 Jan 2020 07:15
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36935

Actions (login required)

View Item View Item