Jeane, Catherine (2019) Hubungan Antara Big Five Personality Traits dengan Customer-Oriented Selling pada Wiraniaga Asuransi. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
IN_1349_Abstrak.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan big five personality dengan perilaku customer-oriented selling. Penelitian sebelumnya hanya mengukur perilaku secara umum, atau dalam kata lain tidak dikaitkan dengan perilaku pada pekerjaan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepribadian seseorang berperan dalam memunculkan perilaku customer-oriented selling pada wiraniaga asuransi. Responden 50 orang wiraniaga asuransi, bekerja lebih dari 1 tahun, dan secara aktif melakukan penjualan pribadi. Penelitian ini adalah penelitian survei sehigga digunakan customer-oriented selling scale yang diadaptasi dari penelitian Brown et al. 2002) yang disesuaikan dengan konteks pekerjaan wiraniaga asuransi dan big five intentory (BFI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya extraversion yang memiliki hubungan dengan perilaku customer-oriented selling, sedangkan tidak pada empat tipe kepribadian lainnya (p=0.007, p>0.05). Tidak adanya hubungan antara openness to experience, conscientiousness, agreeableness, dan neuroticism disebabkan adanya surface dan deep acting yang memengaruhi individu bertindak pada situasi penjualan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 03:31 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 03:31 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37044 |
Actions (login required)
View Item |