Hubungan Antara Big Five Personality Traits dengan Customer-Oriented Selling pada Wiraniaga Asuransi

Jeane, Catherine (2019) Hubungan Antara Big Five Personality Traits dengan Customer-Oriented Selling pada Wiraniaga Asuransi. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_1349_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_1349_Abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/257072

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan big five personality dengan perilaku customer-oriented selling. Penelitian sebelumnya hanya mengukur perilaku secara umum, atau dalam kata lain tidak dikaitkan dengan perilaku pada pekerjaan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepribadian seseorang berperan dalam memunculkan perilaku customer-oriented selling pada wiraniaga asuransi. Responden 50 orang wiraniaga asuransi, bekerja lebih dari 1 tahun, dan secara aktif melakukan penjualan pribadi. Penelitian ini adalah penelitian survei sehigga digunakan customer-oriented selling scale yang diadaptasi dari penelitian Brown et al. 2002) yang disesuaikan dengan konteks pekerjaan wiraniaga asuransi dan big five intentory (BFI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya extraversion yang memiliki hubungan dengan perilaku customer-oriented selling, sedangkan tidak pada empat tipe kepribadian lainnya (p=0.007, p>0.05). Tidak adanya hubungan antara openness to experience, conscientiousness, agreeableness, dan neuroticism disebabkan adanya surface dan deep acting yang memengaruhi individu bertindak pada situasi penjualan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:31
Last Modified: 16 Jan 2020 03:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37044

Actions (login required)

View Item View Item