Pengaruh Perbedaan Perbandingan Konsentrasi Surfaktan dan Kosurfaktan 45:5, 40:10, 35:15 terhadap Stabilitas Fisik Self-Nanoemulsifying Drug Delivery Systems (SNEDDS) Atenolol dengan Fase Minyak Zaitun (Olive Oil)

Saputra, Aurellia (2019) Pengaruh Perbedaan Perbandingan Konsentrasi Surfaktan dan Kosurfaktan 45:5, 40:10, 35:15 terhadap Stabilitas Fisik Self-Nanoemulsifying Drug Delivery Systems (SNEDDS) Atenolol dengan Fase Minyak Zaitun (Olive Oil). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_5012_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_5012_Abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/254584

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana cara meningkatkan kelarutan serta bioavailabilitas atenolol di dalam tubuh dengan memperkecil ukuran partikel atenolol menjadi bentuk nano (SNEDDS). Pada penelitian ini dibuat SNEDDS atenolol dengan tiga formula yang berbeda, masing-masing dengan jumlah bahan aktif (2%) dan minyak (49%) yang sama, namun dengan kosentrasi surfaktan dan kosurfaktan yang berbeda-beda, yaitu formula satu dengan perbandingan 45:5, formula dua dengan perbandingan 40:10, serta formula tiga dengan perbandingan 35:15. Kemudian, ketiga formula tersebut akan dievaluasi karakteristik fisiknya yang meliputi pengamatan organoleptis, ukuran partikel, % transmisi, polydispersity index, zeta potensial, robustness to dilution serta viskositas. Kemudian dilanjutkan dengan dilakukan uji stabilitas fisik SNEDDS dengan cara sentrifugasi dan siklus heating/cooling. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil bahwa perbedaan konsentrasi surfaktan dan kosurfaktan tidak berpengaruh terhadap karakteristik fisik SNEDDS yang terbentuk, serta SNEDDS yang tidak stabil akibat atenolol yang tidak larut ke dalam pembawa SNEDDS (konsentrasi surfaktan dan kosurfaktan belum cukup kuat untuk meingkatkan kelarutan atenolol).

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Atenolol, bioavailabilitas, nanopartikel, SNEDDS
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:41
Last Modified: 17 Jan 2020 03:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37065

Actions (login required)

View Item View Item