DINAMIKA PSIKOLOGIS PEMBUNUH USIA DEWASA: SEBUAH STUDI KASUS = THE PSYCHOLOGICAL DYNAMICS OF AN ADULT MURDERER: A CASE STUDY

Octavia, Christina Fieliani (2020) DINAMIKA PSIKOLOGIS PEMBUNUH USIA DEWASA: SEBUAH STUDI KASUS = THE PSYCHOLOGICAL DYNAMICS OF AN ADULT MURDERER: A CASE STUDY. Jurnal Psikologi dan Konseling, 17 (2). (Submitted)

[thumbnail of Jurnal Publikasi_Christina Fieliani_154117007_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Jurnal Publikasi_Christina Fieliani_154117007_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Jurnal Publikasi_Christina Fieliani_154117007.pdf] PDF
Jurnal Publikasi_Christina Fieliani_154117007.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB)

Abstract

Kriminalitas terus terjadi disekitar kita dan dapat mengancam siapa saja. Pembunuhan adalah salah satu perilaku kriminal yang sangat kejam dan juga mampu membuat individu berhadapan dengan hukuman yang sangat berat. Pada kenyataannya, banyak individu memutuskan tetap melakukan pembunuhan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dinamika psikologis seorang pembunuh usia dewasa. Penelitian ini akan mencoba mengetahui faktor internal dan eksternal yang menyebabkan individu melakukan pembunuhan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Partisipan dalam penelitian ini berjumlah satu orang, yaitu Danang (bukan nama sebenarnya). Danang terbukti secara sah melakukan pembunuhan dan mendapatkan vonis 7 tahun penjara. Data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan beberapa tes psikologi. Hasil pemeriksaan menunjukkan faktor internal seperti regulasi emosi yang maladaptif, rendahnya empati, kecenderungan impulsif, dan rendahnya moralitas ataupun norma menyebabkan partisipan melakukan pembunuhan. Faktor eksternal yang berperan seperti pola asuh pengabaian (neglect) dan menjalin relasi dengan orang yang mendukung serta juga melakukan perilaku kriminal. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu acuan dalam memberikan intervensi bagi para pelaku pembunuhan ataupun membantu mengurangi terjadinya pembunuhan seperti melalui pelatihan empati ataupun regulasi emosi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: dinamika psikologis, pembunuhan, faktor internal, faktor eksternal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 30 Jan 2020 05:09
Last Modified: 30 Jan 2020 05:09
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37197

Actions (login required)

View Item View Item