Anugrahwati, Kuncoro Lestari and Wiraswati, Anak Agung Ketut Sri (2020) PELATIHAN PENINGKATAN PENERIMAAN DIRI BAGI ANAK DIDIK PANTI ASUHAN ISLAM X. Jurnal Intervensi Psikologi. (Submitted)
Preview |
PDF
Jurnal_Penerimaan Diri_done_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF
Jurnal_Penerimaan Diri_done.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tidak semua remaja memiliki keberutungan yang serupa untuk memperoleh dukungan sosial dan kasih sayang dari orangtuanya. Hal ini menimbulkan berbagai problematika bagi remaja dalam mengembangkan identitasnya. Label sebagai anak didik panti asuhan atau yatim piatu menjadi sumber stres bagi remaja, sebab menghasilkan berbagai kemungkinan pengalaman yang dialami oleh anak didik panti asuhan di masa depan. Sasaran dari pelatihan ini adalah membantu remaja agar mampu mencapai penerimaan diri dan melihat sejauh apa efektifitas pelatihan yang diberikan. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksprimen, di mana partisipan diberikan pelatihan yang mengandung self-insight, meaning of life, changing attitude, selfcommitment, directed activities, dan social support (Bastaman, 2007) untuk meningkatkan penerimaan diri remaja panti asuhan. Evaluasi yang dilakukan menunjukan bahwa pelatihan ini berdampak mengembangkan penerimaan diri yang berguna bagi kesejahteraan mereka.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | panti asuhan, penerimaan diri, remaja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Ester Sri W. 196039 |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 08:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 08:44 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37213 |
Actions (login required)
View Item |