PELATIHAN PENINGKATAN PENERIMAAN DIRI BAGI ANAK DIDIK PANTI ASUHAN ISLAM X

Anugrahwati, Kuncoro Lestari and Wiraswati, Anak Agung Ketut Sri (2020) PELATIHAN PENINGKATAN PENERIMAAN DIRI BAGI ANAK DIDIK PANTI ASUHAN ISLAM X. Jurnal Intervensi Psikologi. (Submitted)

[thumbnail of Jurnal_Penerimaan Diri_done_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Jurnal_Penerimaan Diri_done_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Penerimaan Diri_done.pdf] PDF
Jurnal_Penerimaan Diri_done.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tidak semua remaja memiliki keberutungan yang serupa untuk memperoleh dukungan sosial dan kasih sayang dari orangtuanya. Hal ini menimbulkan berbagai problematika bagi remaja dalam mengembangkan identitasnya. Label sebagai anak didik panti asuhan atau yatim piatu menjadi sumber stres bagi remaja, sebab menghasilkan berbagai kemungkinan pengalaman yang dialami oleh anak didik panti asuhan di masa depan. Sasaran dari pelatihan ini adalah membantu remaja agar mampu mencapai penerimaan diri dan melihat sejauh apa efektifitas pelatihan yang diberikan. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksprimen, di mana partisipan diberikan pelatihan yang mengandung self-insight, meaning of life, changing attitude, selfcommitment, directed activities, dan social support (Bastaman, 2007) untuk meningkatkan penerimaan diri remaja panti asuhan. Evaluasi yang dilakukan menunjukan bahwa pelatihan ini berdampak mengembangkan penerimaan diri yang berguna bagi kesejahteraan mereka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: panti asuhan, penerimaan diri, remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 30 Jan 2020 08:44
Last Modified: 30 Jan 2020 08:44
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37213

Actions (login required)

View Item View Item