Memacu Pariwisata Indonesia Berdaya Saing: Laporan Akhir Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi

Tayibnapis, Ahmad Zafrullah and Sundari, Made Siti (2020) Memacu Pariwisata Indonesia Berdaya Saing: Laporan Akhir Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi. Project Report. University of Surabaya, Surabaya.

[thumbnail of Ahmad Zafrullah  Tayibnapis_FBE_Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi_Akhir.pdf]
Preview
PDF
Ahmad Zafrullah Tayibnapis_FBE_Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi_Akhir.pdf

Download (635kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Pariwisata sangat diandalkan pada saat ini dan ke depan guna menutup defisit transaksi berjalan. Namun, kenyataan setiap tahun cukup sulit untuk mencapai target wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia larena berbagai kendala yang seharusnya diatasi pemerintah dan pelaku usaha wisata. Metode: Penelitian kualitatif ini menggunakan data primer dengan metode wawncara dan observasi ke wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur sebagai sampel sebanyak 120 responden dan 4 orang informan, selanjutnya dianalisis secara komprehensif untuk memperoleh kesimpulan dan saran. Hasil: Kepuasan wisatawan ternyata lebih banyak ditentukan oleh atribut pariwisata, dan mencapai maksimum pada tingkat harga tertentu pada saat kurva indiferens tertinggi bersinggungan dengan garis anggaran. Pasar pariwisata mengalami perkembangan pesat karena perubahan gaya hidup, kemudahan dalam transportasi dan akomodasi, termasuk keunikan obyek wisata dan produk – produk kreatif. Pariwisata Indonesia memiliki daya saing tinggi apabila terwujud sinergitas dan harmoni antar pemangku kepentingan serta gencar berpromosi, baik di dalam negeri maupun luar negeri, khususnya di kawasan ASEAN dan China. Kesimpulan: Pariwisata di Indonesia memiliki daya saing karena semakin mudah untuk menuju obyek wisata, selanjutnya aman, nyaman, ramah, banyak wahana permainan, agenda wisata yang terjadwal tetap, dan kelancaran dalam penggunaan media sosial.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Daya saing, wisatawan, obyek wisata, destination attractive, atribut
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 30 Jan 2020 09:15
Last Modified: 04 Aug 2020 06:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37214

Actions (login required)

View Item View Item