Penyalahgunaan Visa Kunjungan untuk Berkerja Ditinjau dari UU Keimigrasian

Wibowo, Jacklyn Eliza Beth (2019) Penyalahgunaan Visa Kunjungan untuk Berkerja Ditinjau dari UU Keimigrasian. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of PI_1291_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
PI_1291_Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/257406

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisa tindakan CS yang sengaja tinggal di Wilayah Indonesia dengan visa tidak berlaku serta menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian Izin Tinggal (in casu Visa Kunjungan) melalui analisis Putusan Pengadilan Negeri Denpasar, Nomor 748/Pid.Sus/ 2016/PN.Dps. Penelitian skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif. Selain dikaji dengan menggunakan bahan hukum primer, penelitian ini dilakukan juga dengan menggunakan bahan hukum sekunder yang terdiri dari doktrin-doktrin, asas-asas, tulisan-tulisan ilmiah yang dapat ditemukan dalam berbagai literatur untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Pendekatan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah statue approach dan conceptual approach yaitu berkembang dalam ilmu hukum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CS dapat dikenakan pertanggungjawaban pidana berdasarkan Pasal 119 ayat (1) dan Pasal 122 huruf a UU Keimigrasian karena telah memenuhi unsur-unsur Pasal 119 ayat (1) dan Pasal 122 huruf a.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Keimigrasian, berada di wilayah Indonesia dengan visa tidak berlaku, Visa kunjungan, UU Keimigrasian.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:15
Last Modified: 03 Feb 2020 04:15
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37227

Actions (login required)

View Item View Item