Peningkatan Prestasi Mahasiswa Pengulang Matakuliah Algoritma dan Pemrograman Melalui Peningkatan Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik

Hartanto, Budi (2015) Peningkatan Prestasi Mahasiswa Pengulang Matakuliah Algoritma dan Pemrograman Melalui Peningkatan Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik. JUISI: Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 1 (2). pp. 196-203. ISSN 2460-1306

[img]
Preview
PDF
Budi Hartanto_PENINGKATAN PRESTASI MAHASISWA PENGULANG MATAKULIAH.pdf

Download (3523Kb) | Preview

Abstract

Matakuliah Algoritma dan Pemrograman (Alpro) merupakan matakuliah pemrograman pertama bagi mahasisrva Teknik Informatika Universistas Surabaya (Ubaya). Tetapi sayangnya, tingkat kegagalan mahasiswa dalam matakuliah ini masih cukup tinggi. Di semester Genap seluruh mahasisrva yang mengambil Alpro adalah mahasisrva yang akan mengulang Alpro. Pada umumnya mahasiswa yang mengulang Alpro mempunyai semangat belajar dan rasa percaya diri yang rendah. Isi matakuliah dan pencapaian nilai tertinggi tidak lagi menjadi daya tarik bagi mereka.D engan kondisi semacamin i, diperlukan suatu pendekatan pengajaran yang berbeda dengan pendekatan pengajaran untuk kelas bukan mengulang. Pendekatan yang dilakukan di semesterG enap 2014/2015in i adalah dengan menguatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik mahasiswa secara umum. Selain itu juga akan diterapkan sebuah role playing yang dapat diikuti oleh mahasiswa yang secara sukarela mau mengikutinya. Sebagai hasil dari pendekatan yang dilakukan, persentase tingkat kegagalan mahasiswa pengulang Alpro menurun cukup signifikan dari 40yo di semester Genap 2013/2014 menjadi hanya 14.87od i semesterG enap 2014/2015S. elain itu, penguatan motivasi intrinsik dan ekstrinsik melalui role playing memberi dampak positif terhadap prestasi mahasiswa.R ata-rata nilai akhir mahasisway ang mengikuti role playing adalah 81.7. Nilai ini lebih tinggi dari rata-rata nilai akhir mahasiswa yang tidak mengikutinya yakni selresar7 0.56.P enelitiani ni menunjukkan kontribusi positif motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap prestasi mahasiswa. Tingkat ketidaklulusan suatu matakuliah dapat diperkecil bila dosen dapat membangkitkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik mahasiswaB. eberapas trategiu mum untuk meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam Alpro disampaikan dalam penelitian ini selain strategi khusus berupa sebuah role playing. Keberhasilan pendekatan yang dilakukan dalam mengurangi ketidaklulusan mahasiswa pengulang Alpro di Ubaya dapat dikembangkan untuk menjadi pendekatan umum dengan menerapkannya pada matakuliah lain atau matakuliah serupa di Universitas lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Algoritma dan pemrograman, role playing, motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:56
Last Modified: 04 Feb 2020 05:22
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37235

Actions (login required)

View Item View Item