Penanganan Komplain Pelanggan pada Jasa Service Bengkel PT. Pinasthika Mustika Surabaya

Rahardjo, Ellin Priscillia (2019) Penanganan Komplain Pelanggan pada Jasa Service Bengkel PT. Pinasthika Mustika Surabaya. Working Paper. Fakultas Bisnis dan Ekonomika.

[thumbnail of LKLM_134_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
LKLM_134_Abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/257168

Abstract

Laporan ini bertujuan untuk mengamati implementasi penanganan komplain pelanggan pada jasa service bengkel PT Mitra Pinasthika Mustika yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Penanganan komplain sangat penting untuk perusahaan yang menawarkan pelayanan untuk pelanggan, karena akan memberi pengaruh yang baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Solusi yang diberikan perusahaan untuk menjawab komplain pelanggan harus dapat diterapkan dengan maksimal agar solusi yang diciptakan perusahaan dapat secara efektif mengatasi komplain pelanggan. Aktivitas yang dilakukan selama praktik kerja lapangan adalah sebagai staff departemen NDS (Non Dealer Sales) pada PT Mitra Pinasthika Mustika. Departemen NDS (Non Dealer Sales) merupakan departemen yang ditugaskan mempersiapkan data produk, servis, dan menangani keluhan pelanggan. Perusahaan telah memiliki berbagai strategi dan program yang telah diterapkan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Namun seiring berjalannya kegiatan kerja lapangan, masih ditemukan beberapa kendala dimana keluhan pelanggan belum dapat diatasi dengan maksimal oleh perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan penerapan perbaikan yang lebih mendalam oleh perusahaan.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Uncontrolled Keywords: Komplain Pelanggan, Otomotif, Sepeda Motor
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Feb 2020 07:05
Last Modified: 04 Feb 2020 07:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37247

Actions (login required)

View Item View Item