Pengaruh Social Stories Terhadap Keterampilan Komunikasi Pragmatis Anak dengan Gangguan Asperger

Tanriady, Shella (2013) Pengaruh Social Stories Terhadap Keterampilan Komunikasi Pragmatis Anak dengan Gangguan Asperger. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/233280

Abstract

Anak dengan gangguan asperger mengalami defisit dalam komunikasi pragmatis sehingga mengakibatkan kesalahpaham dan keterkucilan dari lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini (1) memperoleh gambaran keterampilan komunikasi pragmatis anak dengan gangguan asperger, (2) mengetahui keefektifan Social Stories terhadap keterampilan komunikasi pragmatis anak dengan gangguan asperger. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yaitu (1) secara Kuantitatif melalui Trend Analysis, (2) Kualitatif pencatatan hasil deskripsi observasi pada masa baseline, treatment dan setelah pemberian treatment. Hasil penelitian asesmen menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan komunikasi pragmatis pada anak dengan gangguan asperger, sebelum, dan setelah diberikan Social stories dengan masa treatmen 2 minggu. Terdapat faktor yang mempengaruhi keefektivan intervensi : (1) Faktor Internal; kemampuan sosial, watak, danmotivasi, serta (2) Faktor Eksternal; pola asuh dalam keluarga dan dukungan dari lingkungan pendidikan yang menunjang perubahan perilaku.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gangguan Asperger, Komunikasi Pragmatis, Social Stories
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 13 Dec 2013 04:31
Last Modified: 13 Dec 2013 04:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3738

Actions (login required)

View Item View Item