Perbudakan Modern oleh Pejabat Diplomatik Arab Saudi terhadap Tenaga Kerja Indonesia di Jerman

Ariyanto, Catherin (2019) Perbudakan Modern oleh Pejabat Diplomatik Arab Saudi terhadap Tenaga Kerja Indonesia di Jerman. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of HI_425_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
HI_425_Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/253452

Abstract

Hak keistimewaan dan kekebalan merupakan hak dimiliki oleh pejabat diplomatik yang diatur di dalam Konvensi Wina 1961 tentang Hubungan Diplomatik. Hak kekebalan ini memberikan jaminan bahwa pejabat diplomatik kebal terhadap yurisdiksi negara penerima, namun kekebalan yang dimiliki diplomat ini bukan merupakan suatu hak kekebalan yang absolut melainkan dibatasi oleh berbagai aturan hukum lainnya yang membuat pejabat diplomatik dapat dimintakan pertanggungjawaban, misalnya saja persona non grata, penanggalan hak kekebalan, dan dengan melalui Mahkamah Pidana Internasional. Di dalam Statuta Roma 1998 tentang Mahkamah Pidana Internasional, diatur bahwa perbudakan merupakan suatu tindakan yang termasuk sebagai jenis kejahatan terhadap kemanusiaan. Perbudakan merupakan suatu tindakan yang dilarang karena melanggar hak asasi manusia, dimana perbudakan diatur di dalam Konvensi Perbudakan 1926, Statuta Roma 1998, Deklarasi Umum Hak Asasi Manusia, dan berbagai konvensi International Labour Organization. Statuta Roma 1998, memberikan yurisdiksi kepada Mahkamah Pidana Internasional untuk mengadili individu yang melakukan suatu tindak kejahatan sebagaimana diatur di dalam Statuta Roma 1998, salah satunya yaitu perbudakan, namun dalam hal ini haruslah memenuhi unsur serangan yang meluas atau sistematik.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Hak kekebalan, hak keistimewaan, Konvensi Wina 1961, diplomatik, persona non grata, penanggalan hak kekebalan, Mahkamah Pidana Internasional, Statuta Roma 1998, Perbudakan, International Labour Organization, Hak Asasi Manusia, serangan yang meluas, serangan yang sistamatik.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 12 Mar 2020 08:35
Last Modified: 12 Mar 2020 08:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37640

Actions (login required)

View Item View Item