Perancangan Aplikasi Seluler Find The Temple Sebagai Media Informasi Candi di Jawa Timur dengan Mempertimbangkan Usability

Ronyastra, I Made and Hapsari, Indri and Poriazis, Alfian Santoso (2019) Perancangan Aplikasi Seluler Find The Temple Sebagai Media Informasi Candi di Jawa Timur dengan Mempertimbangkan Usability. In: Seminar Nasional Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) 2019, 7 November 2019, Surabaya.

[thumbnail of Perancangan Aplikasi Seluler Find The Temple_2019.pdf] PDF
Perancangan Aplikasi Seluler Find The Temple_2019.pdf

Download (682kB)

Abstract

Kurangnya minat dari wisatawan terutama generasi muda untuk mengunjungi candi di Jawa Timur mungkin disebabkan oleh kurang tersedianya media informasi dan promosi yang sesuai dengan karakter mereka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi informasi wisata khusus untuk candi di Jawa Timur dengan mempertimbangkan aspek usability. Melalui survey kepada 100 orang berusia 17 – 27 tahun, aspirasi pengguna untuk aspek-aspek usability dapat dipetakan tingkat kepentingannya untuk dijadikan acuan dalam merancang aplikasi yang dibantu dengan AppInventor2. Penelitian ini menghasilkan aplikasi android bernama Find the Temple yang berbasis android dengan sedikitnya 10 desain halaman yang memberikan informasi mengenai candi, ulasan pengunjung, dan dilengkapi dengan fitur perangsang kunjungan berupa redeem point dan promosi sponsor. Hasil demo apps dan uji usability terhadap 30 orang responden menunjukkan skor sebesar 3.96 dari maksimum skor 5 yang menunjukkan hasil yang memuaskan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: perancangan produk, aplikasi seluler, wisata budaya, candi, usability
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: I MADE RONYASTRA
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:56
Last Modified: 03 Jun 2021 15:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37856

Actions (login required)

View Item View Item