Pengukuran Volume Produk Makanan Berbentuk Axi-symmetric Menggunakan Sistem Visi Komputer Dua Dimensi Berbasis Interpolasi Spline Kubik: Laporan Akhir Penelitian Kompetitif Penelitian Terapan

Siswantoro, Joko and Asmawati, Endah (2017) Pengukuran Volume Produk Makanan Berbentuk Axi-symmetric Menggunakan Sistem Visi Komputer Dua Dimensi Berbasis Interpolasi Spline Kubik: Laporan Akhir Penelitian Kompetitif Penelitian Terapan. Project Report. Universitas Surabaya, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan akhir penelitian Internal (Penelitian Terapan) Ubaya 2016 Joko Siswantoro.pdf] PDF
Laporan akhir penelitian Internal (Penelitian Terapan) Ubaya 2016 Joko Siswantoro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Volume mempunyai peranan yang cukup penting dalam produksi dan pengolahan produk makanan. Secara konvensional, volume suatu produk makanan dapat diukur menggunakan metode pemindahan air (water displacement) berdasarkan prinsip Archimedes. Metode ini tidak efisien, hasilnya mempunyai keakuratan yang rendah, dan dapat merusak produk makanan yang diukur volumenya. Sistem visi komputer (SVK) menawarkan metode alternatif untuk mengukur volume produk makanan yang tepat, presisi, dan tidak merusak produk yang diukur. Pada penelitian terdahulu, pengukuran volume produk makanan menggunakan SVK dapat dikelompokkan menjadi dua katagori, yaitu SVK dua dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D). pengukuran volume produk dengan SVK 2D menggunakan asumsi bahwa objek yang diukur volumenya adalah objek axi-symmetric atau berbentuk elipsoid. SVK 2D mengekstrak penampang objek yang sejajar dengan sumbu putar dari citra yang ditangkap. Volume objek didekati sebagai jumlahan beberapa volume kerucut terpancung atau jumlahan beberapa volume cakram. Kedua pendekatan tersebut mempunyai keakuran yang rendah karena kurva penampang objek yang umumnya berupa fungsi non linier didekati dengan fungsi linier. Selain itu, SVK 2D yang dikembangkan pada penelitian terdahulu juga belum sepenuhnya terintegrasi karena masih menggunakan beberapa perangkat lunak yang terpisah. Pada pengukuran volume produk makanan menggunakan SVK 3D, beberapa citra objek yang diukur volumenya ditangkap dari beberapa sudut pandang. Citra-citra tersebut diproses untuk merekonstruksi permukaan objek atau untuk menentukan titik-titik 3D yang berada di dalam objek. SVK 3D untuk pengukuran volume ini tidak hanya digunakan untuk objek axisymmetric saja, tetapi juga dapat digunakan untuk objek yang bentuknya tidak teratur. Meskipun sebagian besar metode pengukuran volume menggunakan SVK 3D menghasilkan keakuratan yang baik tetapi beban komputasinya cukup tinggi karena jumlah citra yang ditangkap dan diproses cukup banyak. Pada penelitian ini, dikembangkan algoritma untuk mengukur volume produk makanan berbentuk axi-symmetric berbasis interpolasi spline kubik menggunakan SVK 2D. Interpolasi spline kubik digunakan untuk mengaproksimasi kurva batas penampang objek dari ( + 1) titik. Polinomial yang diperoleh kemudian diintegralkan menggunakan integral untuk volume benda putar, untuk mengaproksimasi volume objek yang diukur. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa algoritma yang dikembangkan mempunyai akurasi yang tinggi dengan rata-rata kesalahan relatif mutlak 1.03% jika dibandingkan dengan metode pemindahan air. Selain itu volume hasil pengukuran algoritma yang dikembangkan mempunyai hubungan linier yang sangat kuat dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan volume hasil pengukuran metode meindahan air. Dipihak lain waktu yang diperlukan untuk mengukur volume sebuah objek menggunakan algoritma yang kembangkan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan metode pemindahan air, yaitu antara 200 ms sampai dengan 250 ms.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Joko Siswantoro
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:20
Last Modified: 24 Mar 2021 16:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37943

Actions (login required)

View Item View Item