Studi Kasus Karakteristik Kematangan Sosial Pada Anak Cerebral Palsy Ditinjau Dari VSMS (Vineland Social Maturity Scale)

Anggen, Cyntia Marcelyna (2020) Studi Kasus Karakteristik Kematangan Sosial Pada Anak Cerebral Palsy Ditinjau Dari VSMS (Vineland Social Maturity Scale). Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 5 (2). ISSN 2541-206X (Submitted)

[thumbnail of Cyntia Marcelyna 154117511 - Studi Karakteristik Kematangan_LoA+Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Cyntia Marcelyna 154117511 - Studi Karakteristik Kematangan_LoA+Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Cyntia Marcelyna 154117511 - Studi Karakteristik Kematangan......pdf] PDF
Cyntia Marcelyna 154117511 - Studi Karakteristik Kematangan......pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
Official URL / DOI: http://jurnal.um tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/...

Abstract

Kematangan sosial membantu individu untuk dapat berperilaku sesuai dengan tuntutan sosial dan memenuhi tugas-tugas perkembangan sesuai dengan usianya. Anak dengan cerebral palsy memiliki kondisi dan kemampuan yang berbeda dari anak-anak seusianya. Hal tersebut membuat anak tersebut tidak mampu memenuhi aspek kematangan sosialnya. Ketidakmatangan sosial tersebut akan membuat anak cerebral palsy mengalami berbagai masalah terkait kehidupan pribadi dan juga sosialnya. Permasalahan tersebut menunjukkan pentingnya mengetahui kondisi dan kemampuan kematangan sosial pada anak cerebral palsy. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Vineland Social Maturity Scale (VSMS). VSMS juga penting dilakukan pada anak cerebral palsy karena dapat dijadikan sebagai pengganti pemeriksaan kemampuan psikomotorik, terutama terkait pemeliharaan diri yang umumnya juga menjadi masalah pada anak dengan cerebral palsy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kematangan sosial pada anak cerebral palsy yang ditinjau dari VSMS. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan satu partisipan yang mengalami cerebral palsy tipe ataxia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan memiliki kematangan sosial yang berada di bawah usia kronologisnya. Aspek-aspek kematangan sosial yang kurang baik pada partisipan yaitu sosialisasi (S) dan pergerakan (L). Bahkan aspek mengarahkan diri (SD) pada partisipan belum muncul.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kematangan sosial, cerebral palsy, ataxia, VSMS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Cyntia Marcelyna
Date Deposited: 03 Sep 2020 06:53
Last Modified: 24 Mar 2021 16:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38072

Actions (login required)

View Item View Item