Hubungan E-Satisfaction dan E-Loyalty dengan E-Trust sebagai Mediator pada Mahasiswa Pengguna E-Commerce Shopee di Universitas Surabaya

Agatha, Laurencia Alverina (2020) Hubungan E-Satisfaction dan E-Loyalty dengan E-Trust sebagai Mediator pada Mahasiswa Pengguna E-Commerce Shopee di Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_1400_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_1400_Abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/259008

Abstract

Semakin meningkatnya kemajuan teknologi informasi, bentuk transaksi online di Indonesia juga semakin meningkat dan mencakup banyak bidang seperti kemudahan dalam melakukan pembelian secara online. Peningkatan pembelian secara online menunjang adanya peningkatan jumlah e-commerce, seperti Shopee. Saat melakukan pembelian secara online, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian agar pelanggan bersedia untuk belanja kembali, yaitu kepuasan (satisfaction) dan kepercayaan (trust) terhadap layanan yang diberikan oleh pihak penjual online, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepuasan terhadap loyalitas dengan kepercayaan berperan sebagai mediator. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Universitas Surabaya, dan proses pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Jumlah responden adalah 380 orang. Penelitian ini menggunakan alat ukur e-satisfaction dan e- loyalty oleh Anderson & Srinivasan (2003), dan e-trust oleh Ribbink (2004). Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan uji path analysis. Hasil penelitian yang didapatkan adalah e-trust berperan sebagai mediator terhadap hubungan antara e-satisfaction dan e-loyalty dengan nilai t Hitung 7,2698 (t hitung > t tabel). Pada penelitian ini, mediator e-trust berperan secara parsial (Unβ3=0,645; sig=0,000) dengan nilai c´ masih berlaku yaitu hubungan e-satisfaction dan e-loyalty (Unβ1=0,434; sig=0,000). Loyalitas (proses pembelian kembali secara terus-menerus) pelanggan dapat tercapai karena adanya rasa puas dan rasa percaya terhadap pihak Shopee. Pada penelitian ini ditemukan, bahwa ternyata rasa percaya yang dimiliki pelanggan terhadap pihak Shopee memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap loyalitas pembelian dibandingkan rasa puas tehadap Shopee, sehingga Shopee diharapkan terus mempertahankan progam-progam diskon dan gratis ongkir yang membuat pelanggan terus mau membeli kembali di sana.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: E-satisfaction (Kepuasan elektronik), E-loyalty (Kesetiaan elektronik), E- trust (Kepercayaan elektronik), E-commerce.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:19
Last Modified: 21 Oct 2020 07:19
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38234

Actions (login required)

View Item View Item