Tanning, Nurhariuni (2020) Akuntabilitas dalam Perspektif Islam pada Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_4535_Abstrak.pdf Download (114kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori akuntabilitas dalam perspektif Islam pada unit kegiatan kerohanian Islam (UKKI) di Universitas Surabaya. UKKI sebagai Organisasi kemahasiswaan yang bersifat keagaamaan merupakan salah satu wadah mahasiswa untuk berdakwah di jalan Allah SWT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Partisipan wawancara adalah Ketua Umum, Sekretaris, Bendahara, Kepala Departemen Pelayanan Umat, Kepala Departemen PPSDM, dan Kepala Departemen Keputrian. Observasi dilakukan pada saat pelaksanaan program oleh UKKI. Analisis dokumen berupa Program kerja, proposal dan laporan pertanggungjawaban kegiatan UKKI. Penelitian ini melihat bagaimana penerapan akuntabilitas dalam perspektif Islam yaitu akuntabilitas terhadap Allah SWT (habluminallah), akuntabilitas terhadap sesama manusia (habluminannas), dan akuntabilitas terhadap alam (hablufilardh). Temuan penelitian ini menunjukkan UKKI telah menerapkan akuntabilitas terhadap Allah SWT (habluminallah) yang menekankan pada prinsip amanah, akuntabilitas terhadap sesama manusia (habluminannas) yang menekankan pada prinsip profesional dan prinsip transparan serta menjaga hubungan baik sesama manusia akan tetapi pada prinsip transparan masih belum optimal, dan akuntabilitas terhadap Alam (hablufilardh) melalui gerakan yang dilakukan dengan pemanfataan limbah sampah.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 03:27 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 03:27 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38263 |
Actions (login required)
View Item |