Perancangan Strategi Bisnis dan Pemasaran pada PT. Titanium

Bestari, Senja (2020) Perancangan Strategi Bisnis dan Pemasaran pada PT. Titanium. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4318_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_4318_Abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/259479

Abstract

PT. Titanium adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang konveksi. PT.Titanium memproduksi produk seragam berupa kaos dan kemeja yang berlokasi di Jl. Raya Plaosan, Kec. Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Saat ini PT. Titanium telah melakukan beberapa strategi bisnis untuk dapat bersaing di pasar seperti perusahaan yang berusaha untuk melayani pesanan sesuai dengan spesifikasi pelanggan, melakukan pelatihan jahit secara personal kepada karyawan, dan menerima pengembalian produk yang tidak sesuai untuk disesuaikan kembali, perusahaan belum memiliki rancangan strategi terstrukur dan tepat untuk mencapai tujuan, selain itu terdapat banyaknya kompetitor yang merupakan pesaing lama maupun pesaing baru yang membuat persaingan semakin ketat. Untuk saat ini strategi pemasaran yang dilakukan hanya dari the power of mouth dan perusahaan ingin meningkatkan volume penjualan untuk menambah profit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal sebagai pertimbangan dalam menentukan kebijakan bisnis untuk mempertahankan pelanggan yang telah ada dan mempertahankan kualitas produk atau layanan, dan melakukan perancangan strategi bisnis untuk mencapai tujuan, agar perusahaan dapat lebih berkembang dan dapat bersaing dengan kompetitor, dan juga melakukan perancangan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Terdapat dua jenis kuesioner yang dipakai dalam penelitian ini yaitu kuesioner pelanggan dan kuesioner pelanggan potensial. Teknik sampling yang digunakan dalam penyebaran kuesioner pelanggan adalah convenience sampling dan purposive sampling untuk kuesioner pelanggan potensial, dimana jumlah masing-masing responden adalah 10 orang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah 5 forces of Porter, Matriks IFE, Matriks EFE, Compeitive Profile Matrix, Matriks IE, matriks SWOT, Grand Strategy Matrix, Quantitive Stratgic Planning Matrix (QSPM), IPA (Importance Performance Analysis), QFD(Quality Function Deployment) STPD (Segmentasi, Targeting, Positioning, Diferensiasi), dan Marketing Mix (4P). Strategi bisnis yang diusulkan dalam penelitian ini adalah mendirikan dan membuka outlet baru, hal ini didukung dengan hasil rata-rata kuesioner kepuasan terhadap lokasi perusahaan stategis sebesar 4 yang berarti pelanggan puas. Kemudian membina hubungan baik dengan pelanggan loyal, pelanggan perusahaan loyal didukung dengan hasil kuesioner, dimana 100% pelanggan perusahaan besedia untuk merekomendasikan layanan perusahaan, dan membagi aktivitas perusahaan kepada masyarakat sekitar, hal tersebut dilakukan karena belum adanya lantai produksi yang luas. Untuk strategi pemasaran yang diusulkan adalah dengan memberikan diskon, dimana strategi ini sesuai dengan rata-rata variabel harga perusahaan yang berada di bawah double mean yaitu sebesar 3,7. Stategi diskon yang diberikan merupakan diskon dengan jumlah transaksi tertentu yang tergolong dalam kuadaran A (Prioritas utama) yang harus diperbaiki, dan melakukan justip konveksi untuk melakukan promosi lewat pihak kedua.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Perusahaan manufaktur, Five forces of Porter, Marketing Mix (4P), Strategi bisnis, Strategi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Nov 2020 09:00
Last Modified: 05 Nov 2020 09:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38432

Actions (login required)

View Item View Item