Identifikasi Tingkat Kepuasan Konsumen Perjalanan Wisata China Tour untuk Menentukan Strategi Pemasaran di PT Murni Kalianyar Indah Tour dan Travel

Gunawan, Aldy (1997) Identifikasi Tingkat Kepuasan Konsumen Perjalanan Wisata China Tour untuk Menentukan Strategi Pemasaran di PT Murni Kalianyar Indah Tour dan Travel. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/233178

Abstract

Industri pariwisata merupakan industri yang potensial dalam memberikan pemasukan devisa bagi negara. Kemajuan di bidang ini, hari demi hari semakin pesat karena didukung olch kemudahan transportasi maupun karena trend gaya hidup yang mulai 'mengglobalisasi', sehingga dalam berbisnis dan berlibur orang semakin melirik luar negeri sebagai tujuan alternatifnya. P.T MURNI KALIANYAR INDAH TOUR & TRAVEL adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perjalanan wisata. Salah satu paket perjalanan wisata yang terkenal adalah paket perjalanan wisata China Tour. Untuk peningkatan jumlah wisatawan yang mengikuti perjalanan wisata China Tour, perlu diketahui karakteristik wisatawan - wisatawan tersebut. Dari informasi inilah nantinya, akan dilakukan perbaikan dan penyusunan strategi pemasaran bagi P.T MURNI KALIANYAR INDAH TOUR & TRAVEL. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada para wisatawan yang pernah dan sedang mengikuti perjalanan wisata tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengctahui tingkat ekspcktasi dan tingkat perscpsi para wisatawan terhadap pelayanan yang diterima selama perjalanan wisata. Selain itu juga disebarkan kuesioner kepada pihak manajemen P.T MURNI KALIANYAR INDAH TOUR & TRAVEL untuk mengetahui tingkat persepsi manajemen terhadap ekspektasi konsumen. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik wisatawan secara umum. Selanjutnya juga dilakukan analisis Cluster untuk mengelompokkan para wisatawan berdasarkan tingkat kepuasan. Untuk mengetahui karakteristik masing - masing cluster dilakukan analisis lebih lanjut dengan menggunakan analisis deskriptif ( untuk cluster 1 ) dan analisis Ketergantungan ( untuk cluster 2 ). Juga dilakukan analisis Gap 1 dan Gap 5 untuk masing-masing cluster dengan menggunakan acuan variabel-variabel dan 5 DimensioJJS of Service Quality. Berdasarkan analisis - analisis di atas, masing-masing cluster yang terbentuk mempunyai karakteristik, tingkat ekspektasi dan persepsi yang berbeda. Hasil lain dari penelitian ini adalah dapat diketahuinya variabel-variabel apa saja yang perlu mendapat perhatian dari pihak P.T MURNI KALlANYAR INDAH TOUR & TRAVEL. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat membantu pihak P.T MURNI KALIANYAR INDAH TOUR & TRAVEL untuk menentukan strategi pemasaran lebih lanjut sehingga dapat bersaing dengan biro perjalanan - biro perjalanan yang lain.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 152 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 02:54
Last Modified: 22 Jul 2013 02:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3854

Actions (login required)

View Item View Item