Hadikusuma, Jenny (1996) Studi Perilaku Konsumen Pengguna Jasa Finna Golf dan Country Club. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Seiring dengan kemajuan perekonomian negara kita, ditambah dengan era globalisasi dan kemajuan teknologi yang turut merambah Indonesia, mengakibatkan semakin banyaknya masyarakat yang hidup dalam taraf yang sangat makmur, yang membawa dampak timbulnya pergeseran gaya hidup dan munculnya kebiasaan-kebiasaan baru. Salah satu bentuk atribut yang mencerminkan gaya hidup dan mendatangkan gengsi adalah berolahraga golf, yang sampai saat ini merupakan olahraga mahal kelas atas. Didukung pula dengan kenyataan semakin banyaknya kaum expatriate yang bekerja di Indonesia, dimana sebagian besar dari mereka bisa dan gemar bermain golf: mendorong para pemilik modal untuk membangun lapangan golf lengkap dengan seluruh fasilitasnya, termasuk Finna Golf dan Country Club. Namun tentu saja hal ini menyebabkan timbulnya persaingan yang ketat diantara berbagai lapangan golf: karena itu perusahaan dituntut untuk merancang suatu strategi pemasaran yang tepat dan terarah. Salah satu cara untuk mencapai maksud tersebut adalah dengan mengetahui profil konsumen faktor-faktor dominan yang menjadi pertimbangan konsumen dan sikap konsumen. Dengan menyebarkan angket dan melakukan pengolahan data dengan berbagai metode statistik seperti analisa deskriptif: analisa komponen utama, analisa faktor dan analisa Chi Square, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa profit konsumen Finna didominasi oleh mereka yang secara demografis pria, usia produktif: profesi pengusaha dan eksekutif: tingkat pendidikan tinggi, pendapatan bagus dan menduduki jabatan pada tingkat top manajemen. Secara psikografis, dapat dikelompokkan dalam dua kelompok besar dengan dua kategori, yaitu tipe pekerja keras dan tipe cenderung santai, serta tipe high profile dan law profile. Strategi yang disarankan adalah target marketing. dengan berbagai kiat komunikasi pemasaran untuk kelompok psikografi yang berbeda- sedangkan melihat bahwa tingkat kepentingan yang tinggi para konsumen dari faktor desain lapangan telah dipenuhi dengan baik oleh Finna, maka sikap berusaha mempertahankan dan juga meningkatkan pelayanan adalah langkah yang terbaik.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering |
Depositing User: | Users 152 not found. |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 03:33 |
Last Modified: | 22 Jul 2013 03:34 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3855 |
Actions (login required)
View Item |