Pembuatan Aplikasi Pencarian Pekerjaan yang Dapat Memonitor Proses Lamaran Kerja Berbasis Android

Kurniawan, Kevin (2020) Pembuatan Aplikasi Pencarian Pekerjaan yang Dapat Memonitor Proses Lamaran Kerja Berbasis Android. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_2137_Pendahuluan.pdf]
Preview
PDF
TI_2137_Pendahuluan.pdf

Download (730kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/259617

Abstract

Dalam proses pencarian kerja yang dilakukan oleh pelamar hingga mendapatkan jawaban dari lamaran tersebut, tentunya ada tahapan yang dilakukan oleh HRD Perusahaan untuk memproses lamaran tersebut. Saat ini, pelamar kerja yang melakukan pelamaran pekerjaan tidak mengetahui secara pasti kapan lamaran tersebut akan diproses. Hasil analisis yang dilakukan dengan cara wawancara kepada HRD Perusahaan serta penyebaran kuesioner kepada pelamar kerja dapat diketahui bahwa saat ini baik pelamar kerja maupun HRD Perusahaan memiliki beberapa masalah. Dalam hal pelamaran, pelamar kerja harus menunggu jawaban lamaran pekerjaan tanpa ada batasan waktu yang jelas. Dalam hal pencarian kerja, pelamar memiliki waktu yang terbatas untuk melakukan pencarian kerja. Dalam hal komunikasi, pelamar kerja maupun HRD Perusahaan merasa terganggu apabila menggunakan kontak pribadi untuk kepentingan pekerjaan. Dengan demikian, dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengakomodasi seluruh keperluan pelamar kerja dan HRD Perusahaan dalam proses lamaran pekerjaan. Sistem dapat memberikan informasi dan batasan waktu yang jelas kepada pelamar kerja mengenai proses lamaran pekerjaan yang dilakukan oleh HRD Perusahaan. Sistem ini telah dilakukan uji coba kepada pelamar kerja dan HRD Perusahaan. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, pelamar kerja terbantu dalam proses lamaran pekerjaan dengan adanya informasi waktu yang jelas dan fitur notifikasi pencarian kerja. Selain itu, pelamar kerja dan HRD Perusahaan dapat terbantu dengan adanya fitur pesan sehingga dapat berkomunikasi dengan memisahkan kepentingan pribadi dan pekerjaan. Sistem pencarian kerja diharapkan dapat melakukan proses transfer file sehingga dapat memudahkan pengguna untuk mengirimkan file yang diperlukan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Dalam proses pencarian kerja yang dilakukan oleh pelamar hingga mendapatkan jawaban dari lamaran tersebut, tentunya ada tahapan yang dilakukan oleh HRD Perusahaan untuk memproses lamaran tersebut. Saat ini, pelamar kerja yang melakukan pelamaran pekerjaan tidak mengetahui secara pasti kapan lamaran tersebut akan diproses. Hasil analisis yang dilakukan dengan cara wawancara kepada HRD Perusahaan serta penyebaran kuesioner kepada pelamar kerja dapat diketahui bahwa saat ini baik pelamar kerja maupun HRD Perusahaan memiliki beberapa masalah. Dalam hal pelamaran, pelamar kerja harus menunggu jawaban lamaran pekerjaan tanpa ada batasan waktu yang jelas. Dalam hal pencarian kerja, pelamar memiliki waktu yang terbatas untuk melakukan pencarian kerja. Dalam hal komunikasi, pelamar kerja maupun HRD Perusahaan merasa terganggu apabila menggunakan kontak pribadi untuk kepentingan pekerjaan. Dengan demikian, dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengakomodasi seluruh keperluan pelamar kerja dan HRD Perusahaan dalam proses lamaran pekerjaan. Sistem dapat memberikan informasi dan batasan waktu yang jelas kepada pelamar kerja mengenai proses lamaran pekerjaan yang dilakukan oleh HRD Perusahaan. Sistem ini telah dilakukan uji coba kepada pelamar kerja dan HRD Perusahaan. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, pelamar kerja terbantu dalam proses lamaran pekerjaan dengan adanya informasi waktu yang jelas dan fitur notifikasi pencarian kerja. Selain itu, pelamar kerja dan HRD Perusahaan dapat terbantu dengan adanya fitur pesan sehingga dapat berkomunikasi dengan memisahkan kepentingan pribadi dan pekerjaan. Sistem pencarian kerja diharapkan dapat melakukan proses transfer file sehingga dapat memudahkan pengguna untuk mengirimkan file yang diperlukan.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:29
Last Modified: 16 Dec 2020 04:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38656

Actions (login required)

View Item View Item