Pembuatan Sistem Informasi Berbasis Web Sebagai Inventory Control Gudang UD Jago Aluminium

Sugiarto, Marcellino Christian (2020) Pembuatan Sistem Informasi Berbasis Web Sebagai Inventory Control Gudang UD Jago Aluminium. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_2134_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_2134_Abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/259614

Abstract

UD Jago Aluminium merupakan toko yang menjual barang dari bahan aluminium. Pada toko ini, tidak ada catatan ketika pengambilan bahan untuk dijadikan barang, tidak ada penjadwalan untuk pembuatan barang, pengiriman barang yang tidak teratur, serta pembelian bahan dari supplier. Permasalahan yang terjadi adalah pencatatan jumlah stok bahan dan barang tidak tertulis sehingga menimbulkan kesalahpahaman dalam pembelian bahan dari supplier, pengiriman barang yang tidak tertulis, pembelian bahan ke supplier yang berlebihan, kekurangan bahan ketika pembuatan barang, kekurangan barang yang akan dijual, serta kelebihan bahan atau barang pada gudang. Tujuan dari pembuatan sistem informasi berbasis web sebagai inventory control ini adalah mengatur dan mengendalikan stok bahan dan barang pada gudang UD Jago Aluminium. Tidak hanya itu, tetapi mencatat proses pencatatan penjualan barang ke pembeli, pemesanan bahan ke supplier, dan laporan pengiriman barang. Uji coba dilakukan oleh pemilik toko dan mahasiswa yang sudah paham di bidang Material Requirements Planning. Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi ini yaitu sublime text, xampp, dan browser. Fokus utama dari sistem informasi ini, yakni mengatur dan mengendalikan stok bahan dan barang melalui metode Material Requirements Planning agar tidak kekurangan atau kelebihan jumlah stok. Dengan adanya sistem informasi ini dapat membantu pihak toko UD Jago Aluminium dalam membantu menyelesaikan masalah pencatatan jumlah stok bahan dan barang, pengiriman barang, pembelian bahan dari supplier, kekurangan jumlah stok bahan dan barang, kelebihan jumlah stok bahan dan barang.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Material Requirements Planning, UD Jago Aluminium, Aluminium, Stok Bahan, Stok Barang, Produksi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:42
Last Modified: 16 Dec 2020 07:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38657

Actions (login required)

View Item View Item