Pelatihan Ketangguhan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Di Universitas Surabaya

Widhigdo, Jessica Christina and Ahuluheluw, Joshua Michael and Pandjaitan, Lena Nessyana (2020) Pelatihan Ketangguhan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Di Universitas Surabaya. Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology (JPU), 7 (2). pp. 122-139. ISSN 2088-4230; e-ISSN: 2580-1228

[thumbnail of Lena Nessyana Pandjaitan_PELATIHAN KETANGGUHAN.pdf] PDF
Lena Nessyana Pandjaitan_PELATIHAN KETANGGUHAN.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of LoA Jessica.pdf]
Preview
PDF
LoA Jessica.pdf

Download (618kB) | Preview
Official URL / DOI: https://doi.org/10.24854/jpu104

Abstract

Kegiatan berorganisasi dapat membawa dampak positif dan negatif terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa (psychological well being; PWB). Kepribadian tangguh yang terdiri dari komitmen, kontrol, dan terbuka terhadap tantangan dibutuhkan untuk menghadapi masalah dengan efektif, sehingga dapat memberi manfaat positif dalam keikutsertaan berorganisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan PWB mahasiswa setelah mengikuti pelatihan ketangguhan dan mengeksplorasi keterkaitan antara ketangguhan dan PWB. Partisipan ialah 20 mahasiswa (18-22 tahun) yang terlibat sebagai pengurus UKM. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan analisis non-parametrik Wilcoxon dan Spearman. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat peningkatan skor PWB pada pengurus UKM setelah mengikuti pelatihan ketangguhan, dan terdapat korelasi positif antara ketangguhan dan PWB.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan psikologis; ketangguhan; pelatihan; Unit Kegiatan Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:39
Last Modified: 03 Aug 2022 03:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38787

Actions (login required)

View Item View Item