Perancangan Standard Operating Procedures (Sop) dan Sistem Evaluasi untuk Meningkatkan Efektivitas Kegiatan Growing Personal Best (Gpb)

Filicardo, Felicia (2020) Perancangan Standard Operating Procedures (Sop) dan Sistem Evaluasi untuk Meningkatkan Efektivitas Kegiatan Growing Personal Best (Gpb). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_4657_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_4657_Abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/259577

Abstract

Dalam menyelenggarakan sebuah pelatihan, kegiatan evaluasi adalah salah satu prosedur yang wajib dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati sistem evaluasi yang diterapkan selama ini dalam kegiatan pelatihan Growing Personal Best untuk mahasiswa baru UBAYA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis dokumen, observasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan terhadap tim materi, tim evaluasi, fasilitator, asisten, dekan fakultas bisnis dan ekonomika UBAYA, dan peserta pelatihan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam penerapa sistem evaluasi saat ini belum efektif dan sejalan dengan hasil tersebut ditemukan bahwa job description untuk kegiatan pelatihan ini tidak tertulis secara resmi dan selama ini hanya dibacakan saja verbal/ lisan. Hal ini mengakibatkan seringnya terjadi kesalahan yang sama setiap gelombang karena banyak panitia yang tidak bekerja sesuai dengan job descriptionyang seharusnya. Dalam penelitian ini disajikan perancangan Standard Operating Procedures untuk 3 tim yang dianggap berperan besar dan berhubungan langsung dengan peserta pelatihan serta penambahan beberapa aspek dalam form evaluasi dengan menerapkan Kirkpatrick Model yang diharapkan dapat membantu tim evaluasi dalam proses evaluasi kegiatan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Evaluasi, Standard Operating Procedures, Kirkpatrick Model
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:38
Last Modified: 02 Feb 2021 04:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38826

Actions (login required)

View Item View Item