Being The Master Of Myself: Pelatihan Kecerdasan Emosi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Asisten Dosen

Setiawan, Yuan Yovita and Arliansyah, Emilia (2021) Being The Master Of Myself: Pelatihan Kecerdasan Emosi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Asisten Dosen. Jurnal Intervensi Psikologi, 13 (1). pp. 1-14. ISSN 2085-4447; E-ISSN: 2579-4337

[thumbnail of Yuan_BEING THE MASTER OF MYSELF.pdf] PDF
Yuan_BEING THE MASTER OF MYSELF.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of LOA - JIP - Yuan Yovita dkk.pdf] PDF
LOA - JIP - Yuan Yovita dkk.pdf

Download (271kB)
Official URL / DOI: https://journal.uii.ac.id/intervensipsikologi/arti...

Abstract

Asisten dosen memiliki tugas sebagai mahasiswa sekaligus juga memiliki tanggung jawab tambahan sebagai jembatan penghubung antara dosen dan mahasiswa. Beratnya tugas dan kewajiban yang diemban berdampak pada kesejahteraan psikologis para asisten dosen. Pelatihan ini mengusung kecerdasan emosi sebagai variabel yang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis para asisten dosen. Desain penelitian ini adalah one group pre-post test experimental design. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 21 orang. Hasil uji beda yang diperoleh menunjukkan signifikansi .169 (p > .05) yang berarti tidak ada perbedaan tingkat kesejahteraan psikologis yang signifikan setelah dilakukan pelatihan. Beberapa faktor yang mempengaruhi tidak berhasilnya pelatihan kecerdasan emosi dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis adalah model pelatihan yang menggunakan model pelatihan kecerdasan emosi aspek trait, durasi pelatihan, tingkat stres dan tingkat pendidikan dari partisipan pelatihan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosi, kesejahteraan psikologis, pelatihan kecerdasan emosi, psikologi terapan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Yuan Yovita Setiawan
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:43
Last Modified: 30 Jul 2021 08:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38838

Actions (login required)

View Item View Item