Analisis Customer Value pada Depot Internet di Planet Cafe Biliton

Joesoef, Peter (2000) Analisis Customer Value pada Depot Internet di Planet Cafe Biliton. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232256

Abstract

Seiring dengan laju pertumbuban dan pembangunan negara di .era globalisasi semakin laju pula perlcembangan teknologi di negara Indonesia KemaJuan teknologi di bidang komputer khususnya teknologi internet berkembang sangat pesat selama 10 tahun terakhir ini. Internet atau Cyberspace merupakan teknologi yang makin lama makin dinikmati dan dirasakan keuntungan pemakaiannya terutama akses infonnasi dan hubungan antar jaringan komputer (Interconnection Networking). Maka tak heranlah mulai banyak bermunculan Cafe Internet untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Istilah Cafe Internet ditujukan sebagai sebuah tempat usaha yang menyediakan jasa layanan penggunaan unit komputer yang siap akses internet dengan kompensasi sewa per satuan waktu.Dengan semakin banyaknya peminat dan menjamumya Cafe Internet, maka bias dipastikan keunggulan bisnis Cafe Internet memberikan nilai tambah bagi pengelolanya. Hal ini mengakibatkan persaingan persaingan yang makin ketal antar Cafe Internet dalam memperebutkan konsumen dengan memberikan aneka ragam fasilitas bagi pengunjung setianya. Oleh karena itu. pihak Cafe Internet dituntut untuk meningkatkan mutu pelayanannya agar bisa tetap bertahan ditengah persaingan tersebut. Planet Internet pada Planet Cafe Biliton adalah merupakan salah satu dari sekian banyak cafe internet yang berada di wilayah Surabaya, selalu berusaha memuaskan konsumennya dengan pelayanan yang berlrualitas, yang menyediakan value-value kepuasan. Antara lain adalah Product value, Service Value dan Others value yang merupakan komponen-komponen dari Customer Value. Value-value tersebutlah yang menjadi inti dari penelitian tugas akhir ini. dimana akan dicari value-value yang tersedia pada Planet Internet dan yang inginkan oleh konsumen. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang berkunjung di Planet Internet. Hal ini bertujuan untuk menggali value-value yang diinginkan konsumen yang didasarkan atas perhatian konsumen terhadap Customer value di Planet Internet dan karakteristik konsumen. Untuk menggali value yang diinginkan konsumen, metode analisis yang digunakan adalah analisis deskrptif untuk mengetahui alasan yang menyebabkan konsumen berkunjung di Planet Internet dan latar belakang konsumen secara umum. Analisis cluster untuk megelompokkan konsmnen berdasarkan value-valuenya dilanjutkan dengan analisis diskriminan untuk mengetahui persentase kebenaran pengelompokan, analisis manova untuk mencari variabel yang membedakan cluster tersebut. Analisis selanjutnya adalah analisis crosstabs untuk mengetahui ketergantungan cluster dengan latar belakang konsumen, lalu analisis gap 5 untuk mengetahui ada tidaknya kesenjangan antara ekspektasi dan persepsi konswnen terhadap kualitas pelayanan dan terakhir adalah analisis pencarian value serta penyusunan strategi. Dengan demikian untuk tiap cluster akan menghasilkan konsumen dengan latar belakang yang berbeda dan value yang diinginkan juga berbeda. Dari basil analisis data didapatkan value-value yang tidak memuaskan sehingga perlu diperbaiki, antara lain adalah : fasilitas penerangan dan kursi yang kurang memadai, kurang banyaknya pilihan dalam menu, lahan parkir kurang aman, desain eksterior kurang menarik, service tidak cepat, tidak adanya pe1ayanan ekstra, privasi terganggu, pegawai tidak andal. Pihak manajemen kurang mendukung pegawainya agar dapat bekerja dengan baik, pegawai tidak simpatik dan rapi, keluhan komplain kurang ditanggapi dengan baik, nama Planet Internet yang kurang sesuai dengan ciri khas servicenya, pelayanan Planet Internet tidak khas, suasana ruang bilik kurang privasi, image Planet Internet kurang memberikan kesan kualitas yang baik dan tidak dapat sewaktu-waktu berkunjung (tidak 24 jam). Selain itu juga didapatkan value-value yang diinginkan oleh konsumen, yaitu : tarif lebih murah daripada tempat lain, perubahan cara service-penampilan fisik, alunan musik lagu top dan pemberian diskon (membership). Hasil ini memjadi masukan bagi pihak manajemen Planet Internet guna meningkatkan kepuasan konsumen menjadi semakin loyal dengan memberikan value yang diharapkan konsumen agar dapat bertahan dalam persaingan dengan cafe internet yang lain.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Sasmito 200051
Date Deposited: 16 Dec 2013 02:49
Last Modified: 16 Dec 2013 02:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3885

Actions (login required)

View Item View Item