Analisis Perilaku Konsumen di Restaurant Hanamasa

Santoso, Edi (2000) Analisis Perilaku Konsumen di Restaurant Hanamasa. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232412

Abstract

Salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting dan saat ini cukup pesat perkembangannya adalah bidang makanan. Saat ini semakin banyak restaurant yang menawarkan berbagai menu masakan dan rasa yang beraneka ragam, salah satunya yaitu masakan khas dari negara Jepang. Dengan semakin maraknya restaurant dengan menu khas negara luar negeri di Surabaya maka berarti semakin ketat persaingan dalam bisnis ini. Oleh karena itu, pihak manajemen restaurant dituntut untuk mampu menyusun kebijakan pemasaran yang tepat. Restaurant Hanamasa merupakan salah satu restaurant yang menyediakan berbagai menu masakan dengan rasa khas negara Jepang. Sehingga dalam persaingan bisnis yang ketat, pihak manajemen restaurant dituntut untuk mampu merumuskan strategi pemasaran yang tepat. Dalam memenuhi keinginan konsumen, dilakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik konsumen maupun hal-hal pokok tentang penilaian konsumen terhadap restaurant Hanamasa. Dengan penelitian ini diharapkan dapat diketahui keinginan konsumen sehingga dapat memenuhi kepuasan konsumen dengan memperbaiki strategi pemasaran yang telah ada. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui latar belakang konsumen secara umum, analisis cluster untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan faktor gaya hidup yang kemudian dilanjutkan dengan analisis diskriminan untuk mengetahui prosentase kebenaran pengelompokan dan mencari variabel yang membedakan cluster tersebut. Analisis selanjutnya adalah analisis ketergantungan bertujuan mengetahui faktor demografi yang mempengaruhi cluster yang terbentuk. Kemudian diadakan analisis kuadran yang bertujuan untuk mengetahui variabel­ variabel yang menjadi kelemahan dari masing-masing kelompok cluster. yang terbentuk. Dan selanjutnya dapat digunakan untuk memperbaiki strategi pemasaran dari restaurant Hanamasa. Dari hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa konsumen restaurant Hanamasa terbagi menjadi dua kelompok, dimana kelompok pertama mempunyai gaya hidup mayoritas achiever dan untuk kelompok kedua mempunyai gaya hidup mayoritas pusher. Sedangkan kepuasan masing-masing kelompok ditinjau dari kelima dimensi Service Quality, pada kelompok achiever memiliki rata-rata kepuasan sebesar -0.3239, sedangkan pada kelompok pusher memiliki rata-rata kepuasan sebesar -0.6835 yang artinya bahwa masih terdapat ketidakpuasan terhadap restaurant Hanamasa baik pada kelompok Achiver maupun Pusher, tetapi kelompok Pusher memiliki kepuasan yang lebih rendah daripada kelompok Achiever. Dengan memperhatikan kesenjangan secara keseluruhan,maka perbaikan yang dilakukan adalah semua variabel-variabel yang terletak pada kuadran IV.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 152 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2013 04:02
Last Modified: 16 Dec 2013 04:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3889

Actions (login required)

View Item View Item