Efektivitas Program “Aku Cinta Diriku”: Sebuah Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Bagi Komunitas Save Street Child Di Surabaya

Olivia, Olivia and Avidhya P.R,, Benedicta and Pramadi, Andrian (2021) Efektivitas Program “Aku Cinta Diriku”: Sebuah Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Bagi Komunitas Save Street Child Di Surabaya. Jurnal Psikologi dan Konseling, 19 (2). ISSN -p 2085-8086; e-ISSN 2502-7190 (Submitted)

[thumbnail of LoA Olivia-converted (1).pdf]
Preview
PDF
LoA Olivia-converted (1).pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Softfile jurnal-Olivia.pdf] PDF
Softfile jurnal-Olivia.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesadaran kesehatan reproduksi pada komunitas anak jalanan Save Street Child Surabaya (SSCS). Definisi kesehatan reproduksi yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada definisi yang dikemukakan oleh Departemen Kesehatan (2018) yaitu keadaan individu yang sehat secara fisik, mental, dan sosial berkaitan dengan sistem, fungsi, dan proses reproduksi. Aspek kesehatan reproduksi yang digunakan mengacu pada aspek instrumen evaluasi kesehatan reproduksi yang dikembangkan oleh Aini (2010), yaitu sikap positif dan sikap negatif. Penyuluhan ini diberikan kepada komunitas anak jalanan Save Street Child Surabaya (SSCS) yang dihadiri oleh beberapa perwakilah dari 4 wilayah SSCS di Surabaya. Penyuluhan yang dilaksanakan dalam satu hari ini terdiri atas 3 sesi dengan setiap sesi terdiri dari 30 menit. Penyuluhan ini berhasil diberikan kepada peserta penyuluhan dengan metode lecturing, diskusi, dan brosur yang dibagikan kepada peserta. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa dengan mengikuti penyuluhan kesehatan reproduksi dapat membantu meningkatkan sikap positif anak SSCS terhadap kesehatan reproduksi (nilai signifikansi 0,001 kurang dari 0,05). Hasil tersebut didukung dengan kenaikan skor pengetahuan pada peserta sebelum dan sesudah dan sesudah pelatihan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kesehatan reproduksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Olivia
Date Deposited: 23 Feb 2021 11:31
Last Modified: 24 Mar 2021 16:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38956

Actions (login required)

View Item View Item