Pemetaan Pengetahuan Guru di Daerah Rawan Bencana tentang Pendidikan Bencana Berbasis Psychological First Aid

Yuwanto, Listyo and Setiasih, Setiasih (2018) Pemetaan Pengetahuan Guru di Daerah Rawan Bencana tentang Pendidikan Bencana Berbasis Psychological First Aid. In: SEMINAR NASIONAL & CALL FOR PAPER “Harmonisasi Perilaku Manusia Dengan Lingkungan”, 4 Agustus 2018, Banjarmasin.

[thumbnail of Listyo Yuwanto_ Prosiding-Seminar-Nasional-Call-For-Paper Pemetaan Pengetahuan Guru_2012.pdf] PDF
Listyo Yuwanto_ Prosiding-Seminar-Nasional-Call-For-Paper Pemetaan Pengetahuan Guru_2012.pdf

Download (1MB)
Official URL / DOI: http://psikologi.ulm.ac.id/id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Pendidikan bencana merupakan tanggungjawab orang tua, guru, BPBD, dan agen pendidikan bencana lain. Guru adalah agen pendidikan yang paling strategis perannya dalam pendidikan kebencanaan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, guru-guru pendidikan anak usia dini (PAUD) yang tergabung dalam Ikatan Guru TK Desa Kepuharjo yang termasuk kawasan rawan bencana erupsi Gunung Merapi belum pernah mendapatkan pendidikan bencana berbasis psychological first aid. Dengan demikian dalam kurikulum pembelajaran yang diterapkan selama ini belum mencakup pendidikan bencana. Mengacu pada permasalahan guru-guru PAUD di IGTK Kepuharjo, maka penelitian ini hendak memetakan pengetahuan guru PAUD dalam menghadapi bencana erupsi Gunung Merapi. Subjek penelitian 85 guru IGTKI Desa Kepuharjo. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Guru pendidik anak usia dini di IGTKI Cangkringan memiliki pengetahuan yang cukup terutama di cakupan physiological health yang meliputi potensi bencana, dampak positif dan negatif bencana, serta proses siaga bencana. Pendidikan bencana sebagai upaya untuk peningkatan kapasitas masyarakat dalam mengurangi risiko bencana mencakup tiga komponen yaitu physiological health, psychological health, dan behavioral health. Perlu adanya pembekalan lebih lanjut mengenai pendidikan bencana pada cakupan psychological health dan behavioral health. Dengan adanya pembekalan secara komprehensif tentang pendidikan bencana kepada guru pendidik anak usia dini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan guru dalam menghadapi bencana sebagai bentuk pengurangan terhadap risiko bencana.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pendidikan bencana, psychological first aid, guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 26 Mar 2021 01:21
Last Modified: 21 Apr 2021 08:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39094

Actions (login required)

View Item View Item