Kerangka Konseptual Perancangan Serious Games untuk Mata Kuliah di Strata-1 Akuntansi Perguruan Tinggi Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

Wirawan, Adhicipta Raharja (2017) Kerangka Konseptual Perancangan Serious Games untuk Mata Kuliah di Strata-1 Akuntansi Perguruan Tinggi Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). In: Forum Keuangan dan Bisnis Indonesia (FKBI), 7 Desember 2017, Banana Inn Hotel, Bandung.

[thumbnail of Wirawan_Kerangka Konseptual Perancangan_2017.pdf] PDF
Wirawan_Kerangka Konseptual Perancangan_2017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (515kB)
Official URL / DOI: http://fkbi.akuntansi.upi.edu/wp-content/uploads/2...

Abstract

Perkembangan teknologi informasi berpengaruh terhadap perilaku mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Para mahasiswa yang memasuki perguruan tinggi saat ini merupakan Generasi Z atau dikenal digital native yang memiliki gaya belajar cenderung visual. Hal ini disebabkan penggunaan komputer, tablet hingga smart phone sejak usia dini. Bermain game menjadi bagian dari aktivitas keseharian mereka dari permainan dengan tingkat kesulitan sederhana hingga rumit. Fenomena ini harus diantisipasi oleh para dosen dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mereka. Serious games sendiri berkembang di berbagai institusi sejak 1960-an dalam format paper-based educational games hingga format digital seperti flight-simulator. Selama ini kerangka konseptual untuk serious game di bidang pendidikan akuntansi belum berkembang, sehingga hanya mengacu pada perancangan yang bersifat umum. Penelitian studi pustaka ini akan memberikan usulan kerangka konseptual perancangan Serious Games di S-1 akuntansi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di tingkat Strata 1 perguruan tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Accounting Education; Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia ;Serious Games
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Adhicipta Raharja Wirawan 31128
Date Deposited: 06 Apr 2021 06:58
Last Modified: 08 Apr 2021 15:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39154

Actions (login required)

View Item View Item